[HOAX] Dai Arifin Ilham Unggah Postingan Foto ‘Ribuan Umat Muslim Rohingya Yang Dibakar Hidup-Hidup’

Sumber : Media Sosial

Narasi :

 

Penjelasan & Fakta :

Dai kondang K.H. Muhammad Arifin Ilham mengunggah gambar beserta narasi yang membuat heboh warganet yang melihat unggahannya. Foto dan narasi tersebut dikaitkan dengan kejadian yang menimpa umat Islam etnis Rohingya di Myanmar.

Setelah ditelusuri, ternyata akun Facebook K.H. Muhammad Arifin Ilham yang mengunggah postingan itu merupakan akun palsu. Akun resmi milik dai tersebut adalah yang sudah mendapat verifikasi ceklis dari Facebook.

Foto-foto yang ditampilkan dalam postingan akun Facebook Arifin Ilham gadungan itu dicatut dari peristiwa yang terjadi di Republik Demokratik Kongo Timur. Dikutip dari af.reuters.com, Sedikitnya 230 orang tewas ketika sebuah truk tangki BBM terbalik dan meledak di Republik Demokratik Kongo Timur, mengakibatkan bola api yang menghancurkan rumah dan bioskop penuh dengan warga yang tengah menonton laga sepak bola Piala Dunia.

Para pejabat mengatakan, ledakan tersebut juga melukai 196 orang, dan bisa saja angka kematian meningkat. Mereka menggambarkan adegan kehancuran di kota Sange, di mana rumah-rumah terbakar dan tubuh berserakan di jalanan. Beberapa orang bahkan tewas ketika mencoba mencuri bahan bakar yang bocor dari truk tangki, tapi kebanyakan tewas di rumah atau ketika nobar sepak bola Piala Dunia di gedung bioskop.

Referensi : https://af.reuters.com/article/topNews/idAFJOE66304I20100704?pageNumber=2&virtualBrandChannel=0&sp=true

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/376017019397506/

About Levy Nasution 392 Articles
Journalist, traveller