[DISINFORMASI] Kampanye Ahok di Ciganjur, Jakarta Selatan Tak Digubris

SUMBER:Facebook

NARASI:
Ga ada warga yang mau dikumpulin di Jl. Kemenyan, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, untuk dengerin Ahok orasi, akhirnya Ahok milih ke tempat pemancingan warga. Bahkan salah seorang abang yg sedang mancing di samping Ahok emoh. Dia lebih fokus mancing drpd dengerin Ahok berceloteh…Keciiaaann dah lo hokkk.

PENJELASAN:
Narasi yang dibuat oleh akun Facebook Ahmad Fathan dengan menampilkan foto Ahok yang sedang berjalan dan memegang pancingan di kolam pemancingan terkesan di-framing sedemikian rupa. Dan jika dibandingan dengan berita dari beberapa media daring, justru sangat berbeda dengan narasi yang dibuat Ahmad Fathan.

Diberitakan media daring, Ahok berkampanye dengan mengunjungi beberapa daerah yang ada di Ciganjur, Jakarta Selatan, seperti Kebagusan, Jl. Kemenyan, Pasar Lenteng Agung, Setu Babakan dan Jl. Gardu.

Karena metode langsung kunjungan tatap muka, berarti tidak terfokus pada pengumpulan massa. Dengan begitu tidak tepat dinilai tidak ada yang mau mendengarkan orasi Ahok. Karena seperti sarga Gang Setu Babakan, Marsinah (48), yang mengaku senang dengan kedatangan Ahok sekaligus kinerjanya selama menjabat.

“Senanglah, namanya tiba-tiba ada pemimpin ke sini, apalagi pemimpin Jakarta. Bagus ya kerjanya selama dia pegang, banjirnya nggak kayak dulu,” kata Marsinah.

Sedangkan warga yang dihampiri dan dipinjam pancingannya saat memancing oleh Ahok, Tohab (45) mengaku beruntung pancingnnya dipinjam oleh Ahok. Karena tak lama Ahok meninggalkan tempat pemancingan umpan Tohab langsung disambar ikan lele.

“Abis dipegang Pak Ahok langsung dapet nih, gede lagi sekitar tujuh kilo, lele jumbo. Kalau karena dipegang Pak Ahok jadi beruntung, enggak tahu deh,” ucap Tohab.

KESIMPULAN:
Narasi yang dituliskan akun Facebook Ahmad Fathan bahwa tidak ada yang mendengarkan Ahok dan pemancing yang tidak merespon baik ketika Ahok meminjam pancingannya dapat dikategorikan disinformasi.

REFERENSI:
1. https://www.suara.com/news/2016/10/31/202246/kisah-kampanye-ahok-di-jagakarsa-ditarik-ibu-ibu-sampai-didemo
2. http://www.tribunnews.com/metropolitan/2016/10/31/joran-pancingnya-dipegang-ahok-langsung-dapat-lele-tujuh-kilogram
3. http://www.tribunnews.com/metropolitan/2016/10/31/ahok-nyaris-terjatuh-akibat-salah-gunakan-sepatu-saat-blusukan-di-jagakarsa

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/372484646417410/