(DISINFORMASI) : Kaos Kaki Jokowi

Tidak terlalu sulit untuk dilihat bahwa sebetulnya ini bukan klarifikasi tetapi DISINFORMASI yang DIBUNGKUS klarifikasi, menambahkan disinformasi Jonru yang sebelumnya.

Jangankan salat menggunakan kaos kaki, ada teman saya yang wudhunya di wastafel (BUKAN di tempat wudhu) TANPA melepas sepatu, untuk membasuh kaki dia menyentuhkan tangan ke ujung sepatunya dan salat memakai kaos kaki.

Waktu saya tanya jawabannya “boleh kok, gak masalah, saya dari rumah sampai kantor gak pernah buka sepatu jadi bersih”, dan hukumnya memang BOLEH: “Hukum asal mengusap khuf adalah boleh.

Menurut mayoritas ulama, mencuci kaki lebih afdhol (lebih utama) daripada mengusap khuf. Mengusap khuf adalah rukhsoh (keringanan) dalam ajaran Islam. Allah subhanahu wa ta’ala amat menyukai orang yang mengambil rukhsoh (keringanan), sebagaimana Dia suka jika seseorang menjauhi larangan-Nya.

Namun menurut ulama Hambali, mengusap khuf itu lebih afdhol karena itu berarti seseorang mengambil rukhsoh dan kedua-keduanya (antara mengusap khuf dan mencuci kaki saat wudhu) adalah suatu hal yang sama-sama disyari’atkan.[11]” https://muslim.or.id/5860-hukum-mengusap-khuf-sepatu.html

“Orang yang SUDAH TERBIASA SHALAT, dia TIDAK akan pakai kaos kaki lagi setelah wudhu.” < Apakah artinya Jonru YAKIN Pak Jokowi tidak terbiasa salat? Tahu dari mana dan atau siapa, bagaimana caranya?
“Artinya, secara normal seharusnya dia tidak pakai kaos kaki lagi setelah wudlu.” < Pejabat lain yang sebelumnya mendukung kubu yang didukung Jonru ada juga yang sholat memakai kaos kaki, silahkan dicari informasinya. Apakah Jonru pernah membahas mereka juga?

Apakah saya perlu menegur teman saya juga, padahal saya tahu ilmu agamanya lebih tinggi daripada saya? Apakah Jonru waras? Apakah…#ahsudahlah sebelum semakin melantur sebaiknya saya sudahi saja. Sekian dari saya, terimafitnah eh… terimakasih.

 

BOLEHKAH SHOLAT MENGGUNAKAN KAOS KAKI?

Setelah sebelumnya Indonesian Hoax Busters membahas tentang Klaim dari pihak tak bertanggung jawab tentang pencitraan saat shalat Id, kali ini kami mengulas klaim lainnya tentang sholat dengan kaus kaki, entah pernyataan tersebut adalah murni karena ketidaktahuan pihak penyebar, atau memang disengaja untuk menggiring opini publik.

Begini kutipan pernyataannya:

“Lagi-lagi terbukti, Shalat di Padang cuma pencitraan. Bahkan shaf sengaja dimundurkan agar wartawan mudah memotret adegan shalatnya.
Dan ups… Ternyata dia shalat masih pakai kaos kaki. Ya sudah, positif thinking saja. Semoga sebelumnya sudah wudhu, dan kaos kaki dipakai lagi (walau ini bukan kebiasaan yang lazim)

NB: Jika Anda menuduh foto ini hoax, silahkan cek langsung ke sumber beritanya.”

Sumber pernyataan: https://web.facebook.com/jonru.page/photos/a.143624529728.103413.68286339728/10154426143544729/?type=3

Mengenai pernyataan penyebar berita yang menyatakan shaf sholat yang di geser mundur pada sholat Ied Presiden Jokowi di Padang kemarin adalah demi pencitraan, Indonesian Hoax Busters sudah membahas itu pada postingan ini :
https://web.facebook.com/IndoHoaxBuster/posts/1146089332123208

Isi pernyataan kedua adalah mengenai shalat dengan masih mengenakan kaos kaki. Apakah boleh bila shalat mengenakan kaos kaki?

Selama kaos kaki tersebut terbebas dari najis sebenarnya sah-sah saja sholat dengan masih mengenakan kaos kaki. Jangankan kaos kaki, bahkan sholat dengan mengenakan alas kaki pun pernah dilakukan oleh Nabi.

Piyungan Online yang notabene media yang kerap bersebrangan dengan Jokowi pun pernah mengangkat hadits-hadits tentang hal ini.

Bahkan founding father kita Bung Karno dan Roeslan Abdulgani pun pernah sholat dengan masih mengenakan kaos kaki ketika berkunjung ke Amerika Serikat tahun 1956.

Jadi sebenarnya sholat Id Presiden Jokowi di Padang kemarin adalah hal yang biasa-biasa saja tanpa tendensi apapun demi pencitraan.

Marilah #berinternetBijak #berinternetSehat #berinternetCerdas#beSmart#stophoax #stoppropaganda #stoppembodohanmassalbersama Indonesian Hoax Busters

SUMBER :

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/312733522392523/

http://pkspiyungan.siteblogs.net/…/rasulullah-saw-pernah-s…/

http://web.archive.org/…/rasulullah-saw-pernah-shalat-mema…/

https://konsultasisyariah.com/16160-shalat-menggunakan-sand…