(HOAX+FITNAH) Jokowi Minta Maaf Kepada PKI

Sumber:Beberapa portal:

https://www.intelijen.co.id/wow-ini-dia-alasan-presiden-jokowi-berikan-maaf-pada-keluarga-pki/

http://www.islamedia.id/jika-jokowi-meminta-maaf-kepada-pki-maka-pki-akan-balas-dendam-dan-nkri-pecah/

https://www.nahimunkar.org/pemerintah-jokowi-akan-minta-maaf-kepada-eks-pki-waspadai-kebangkitan-pki/

http://www.atjehcyber.net/2015/08/apa-tujuan-jokowi-minta-maaf-ke-pki.html?m=1

http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2015/07/11/38134/tepati-janji-saat-pilpres-jokowi-akan-minta-maaf-pada-keluarga-pki/#sthash.VkVlqHjN.9ysyfoka.dpbs

https://suaranasional.com/2015/07/08/jokowi-agendakan-pidato-minta-maaf-nkri-kepada-eks-pki/

Narasi: Masing-masing portal sumber tersebut memuat pemberitaan mengenai rencana Presiden Joko Widodo akan memberikan permohonan maaf secara resmi kepada PKI.

Penjelasan:

Isu yang berhembus mengenai wacana permintaan maaf Presiden Joko Widodo kepada PKI, baik itu eks kader PKI maupun PKI sebagai lembaga kepartaian sudah sering berhembus sejak tahun 2015. Faktanya, Presiden Joko Widodo tidak memiliki agenda ataupun rencana untuk menyampaikan permohonan maaf kepada PKI.

Hal itu kembali ditegaskan pada saat Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan. Perihal pernyataan Presiden Joko Widodo itu bisa dilihat pada beberapa kutipan berikut:

Detiknews

[…] “Tentang permintaan maaf kepada PKI tahun yang lalu sudah saya sampaikan, tetapi ada isu lagi, ada gosip lagi. Sehingga perlu saya sampaikan tidak ada rencana dan pikiran sama sekali saya akan minta maaf kepada PKI, nggak ada,” ucap Jokowi.

Hal itu kata Jokowi sudah sering disampaikan kepada ormas-ormas, tokoh dan ulama, termasuk saat hari kesaktian Pancasila di lubang buaya, bahwa pemerintah tak akan minta maaf pada PKI.

“Sudah saya katakan, tapi ada yang goreng-goreng, sehingga muncul lagi gosip dan isu seperti itu. Sudah jangan dengarkan. Jadi tidak ada rencana minta maaf kepada PKI,” tegas Jokowi. […]

Liputan6

[…]Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara buka puasa bersama dengan para prajurit TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Dalam kesempatan itu, ia menegaskan tidak akan meminta maaf pada eks anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Tentang permintaan maaf pada PKI. Tahun lalu sudah saya sampaikan, ada isu, ada gosip. Tidak ada rencana dan pikiran sama sekali saya minta maaf pada PKI,” tegas Jokowi, Senin (27/6/2016).

Jokowi menuturkan dirinya telah mengeluarkan pendapat serupa sejak tahun lalu. Hal yang sama juga sudah disampaikan saat bertemu perwakilan PP Muhammadiyah, PBNU, dan tokoh-tokoh nasional lain.

“Terutama saat Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya tahun lalu, sudah saya sampaikan. Tapi ada yang goreng-goreng sehingga muncul isu. Jangan didengarkan, tidak akan minta maaf pada PKI,” tutur Jokowi.[…]

Tempo.co

[…]Presiden Joko Widodo menegaskan, pemerintah tidak akan meminta maaf kepada Partai Komunis Indonesia soal peristiwa 1965. “Tidak ada rencana dan pikiran saya minta maaf kepada PKI,” kata Jokowi dalam acara buka puasa bersama di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Jakarta, Senin, 27 Juni 2016.

Jokowi mengatakan sudah berulang kali mengatakan hal serupa, seperti saat pertemuan bersama tokoh Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. “Namun, sekali lagi, ada yang menggoreng-goreng isu tersebut. Tak ada rencana minta maaf ke PKI,” ujarnya.

Meski demikian, Jokowi tidak mengingkari ada peristiwa kelam di masa lalu. Menurut dia, hal terpenting adalah kejadian tidak berulang kembali. “Yang paling penting melangkah ke masa depan,” ucap Jokowi.[…]

CNNIndonesia

[…]Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tidak akan meminta maaf kepada Partai Komunis Indonesia maupun keluarga korban tragedi 1965 seperti yang diisukan oleh sejumlah pihak.

“Saya tidak ada rencana dan pikiran sama sekali untuk meminta maaf kepada PKI. Tidak ada,” kata Jokowi di hadapan keluarga besar TNI pada acara buka puasa bersama di pelataran Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (27/6).

Pada pihak keluarga yang terkait peristiwa 1965 pun, ujar Jokowi, ia tak akan minta maaf. Hal itu, menurut sang Presiden, sudah beberapa kali ia sampaikan ke pengurus Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan berbagai tokoh masyarakat.

Namun, imbuh Jokowi, ada pihak tertentu yang “menggoreng” isu itu lagi saat ini. Tanpa menyebut siapa “pihak tertentu” yang ia maksud, Jokowi menegaskan yang terpenting sekarang ialah melangkah ke depan.[…]

Berdasarkan kutipan-kutipan dari berbagai media itu maka dapat dikatakan bahwa Presiden Joko Widodo tidak memiliki keinginan untuk melakukan permohonan maaf secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Dengan demikian, klaim pemberitaan dalam beberapa sumber dapat disimpulkan sebagai kabar hoax dan fitnah. Sebab, tidak terdapat klarifikasi langsung kepada Presiden Joko Widodo terkait isu yang diangkat.

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/3243442/jokowi-klarifikasi-isu-minta-maaf-ke-pki-dan-keberadaan-satuan-teritori

http://news.liputan6.com/read/2541310/di-mabes-tni-jokowi-tegaskan-tak-akan-minta-maaf-ke-eks-pki

https://nasional.tempo.co/read/783522/buka-puasa-di-tni-jokowi-saya-tak-akan-minta-maaf-kepada-pki

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160627190159-20-141332/di-hadapan-kerabat-tni-jokowi-tegaskan-tak-minta-maaf-ke-pki/

Catatan: Beberapa portal telah mati dan tidak bisa dibuka lagi.