[HOAX] Foto personil ACT (Aksi Cepat Tanggap) meninggal

SUMBER : MEDIA SOSIAL

NARASI : Mohon doanya, telah meninggal dunia saudara kami yang membawa dana bantuan, obat”an, tim dokter, dan barang” dari Indonesia ke Suriah krn terkena bom. Semoga alm syahid, allah terima amal ibadahnya, ampuni dosanya dan istri anak yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. amin ya rab

PENJELASAN :

Foto tersebut adalah satu dari puluhan jepretan fotografer yang tersebar di media daring. Sejatinya foto itu diambil saat sejumlah relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama aktivis Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya turun ke jalan di momen Car Free Day (CFD), Jakarta, Minggu, ( 8/5). Aksi itu dilakukan dalam rangka kampanye kepedulian terhadap warga sipil Suriah yang menjadi korban serangan brutal militer rezim Suriah dengan sekutunya Rusia di Kota Aleppo. Ratusan korban sipil, baik orang dewasa maupun anak-anak, tewas dan alami luka-luka berat.

Para relawan melakukan aksi teatrikal outdoor yang cukup sempurna. Aksi teatrikal yang menggambarkan betapa memerah darah di Suriah. Jika ada kekeliruan dalam happening art tersebut, mungkin terkait kostum. Relawan yang berpura-pura jadi korban kekejaman rezim Suriah, memakai rompi ACT. Hingga banyak netizen meminta konfirmasi apakah itu seorang relawan ACT syahid tertembak saat bertugas. Padahal itu hanya penggambaran korban sipil Suriah yang tewas diberondong peluru.

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/286705401662002/