[HOAX] Tanaman Dolar Penyebab Leukimia

SUMBER:Whatsaapp

NARASI:
Bahaya tanaman penyebab ‘LEUKIMIA’
Anak perexmpuan mertua saya (umur 31 tahun ) baru meninggal semalam disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti untuk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhan ini. Rekan satu tim research beliau sudah meninggal setahun yang lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dapat bertahan hingga semalam. Memang hasil penelitiannya telah disahkan oleh pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tersebut. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (Leukimia) ternyata terbukti.

Di China sudah cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan surat kabar China saja. Sedangkan di tempat kita tanaman ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah. PERHATIAN DAN WASPADA !!!
Jika ada tanaman ini dirumah, silakan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (Leukimia). Silakan share.

PENJELASAN:
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Putra Malaysia (UPM) Prof Ghizan Saleh menyatakan tanaman yang termasuk ke dalam kelompok suku Araceae (talas-talasan) dengan nama latin Zamioculcas zamiifolia (Lodd) tidak pernah terbukti menyebabkan kanker atau leukimia, meskipun memang ada bagian yang beracun bila ditelan. Racun ini hanya bisa menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Deden Mudiana menjelaskan racun dari tanaman tersebut berasal dari kandungan senyawa oksalat pada bagian tubuh tanaman. Tetapi senyawa oksalat bukanlah senyawa karsinogenik yang menjadi penyebab kanker.

REFERENSI:
1. https://news.detik.com/berita/3148887/isu-tanaman-dolar-penyebab-leukimia
2. https://www.jawapos.com/read/2017/09/23/158886/daun-dolar-kok-akibatkan-leukemia
3. http://harry.sufehmi.com/archives/2016-01-12-39337/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/269889260010283/