[DISINFORMASI] Pengungsi Syria Dilempari Koin oleh Suporter Klub Sepakbola PSV Eindhoven di Spanyol

Sumber : Media Spanyol

Narasi :

Saya belum tahu sumbernya darimana. video ini ‘katanya’ memperlihatkan pengungsi Syria dilempari recehan dan disoraki penduduk lokal Spanyol (memalukan(. bagi yang tahu apakah ini video tentang pengungsi tsb atau kejadian lain, silakan berkomentar.

Penjelasan :

Sebuah video yang memperlihatkan suporter klub sepakbola PSV Eindhoven yang berasal dari Belanda yang sedang duduk di depan sebuah kafe melempari koin kepada beberapa wanita berhijab di Madrid, Spanyol, menjadi viral di media sosial.

Peristiwa tersebut terjadi di halaman Plaza Mayor Kota Madrid pada Selasa (15/3/2016) siang waktu setempat. Beberapa pengemis wanita menghampiri suporter PSV yang saat itu tengah bersantai sembari menikmati bir untuk meminta sedikit uang.

Bukannya memberikan secara baik-baik, oknum pendukung PSV justru melemparkan uang ke arah para pengemis tersebut. Sebagian pengemis tetap mengambil uang yang dilemparkan, sedangkan suporter PSV malah menyayikan yel-yel yang menghina dan mentertawakan kaum duafa itu.

Aksi tak terpuji dilakukan oknum suporter PSV Eindhoven jelang laga kontra Atletico Madrid dalam leg kedua 16 besar Liga Champions di Estadio Vicente Calderon, Rabu (16/3/2016) dini hari WIB.

Banyak masyarakat internasional yang menyangka bahwa kelompok wanita berhijab tersebut merupakan pengungsi dari Syria.

Nyatanya, kelompok pengemis wanita berhijab tersebut bukan dari pengungsi Syria. Mereka hanyalah sekelompok pengemis yang biasa berada di kota Madrid.

Terkait peristiwa itu, Manajer Umum PSV, Toon Gerbarand, menyebutkan, tindakan suporter tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai klub dan berjanji akan memberikan hukuman kepada suporter tersebut.

Dikutip dari kompas.com, “Seandainya kami menemukannya, mereka akan mendapat masalah serius, dan kami akan mempertimbangkan untuk menjatuhkan hukuman. Kami akan melakukan segalanya untuk menemukan orang-orang yang melakukan hal tak terpuji ini,” ucap Gerbrand.

Referensi : http://bola.kompas.com/read/2016/03/17/17552668/Suporter.Lecehkan.Pengemis.PSV.Murka

http://www.bola.com/dunia/read/2459756/suporter-psv-eindhoven-hina-pengemis-di-kota-madrid

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/257886031210606/

 

About Levy Nasution 315 Articles
Journalist, traveller