(HOAX): Ratna Sarumpaet : Kalau Ahok Maju Via Jalur Independen, Saya Rela Menari Bugil di Monas

Media Sosial sempat heboh dengan pemberitaan di salah satu media online dengan headline yang sangat kontroversial. headline tersebut berisi tentang pernyataan Ratna Sarumpaet yang menyebutkan bahwa dirinya rela menari bugil di Monas apabila Ahok maju menjadi Gubernur DKI Jakarta via jalur Independen.

Redaksi Tempo.co memberikan pernyataan terkait salah satu judul pemberitaan mengenai Ratna Sarumpaet, aktivis hak asasi manusia, yang beredar di media sosial, pada Senin, 7 Maret 2016.

“Berita tersebut adalah hoax yang dibuat dan diposting oleh orang di media sosial,” kata Burhan Sholihin, Redaktur Eksekutif Tempo.co, di Jakarta, Selasa, 8 Maret 2016.

Untuk kawan-kawan yang sudah menerima pesan berantai berisi gambar ini: foto itu hanyalah editan dari “capture” aplikasi Tempo.co. Kami tidak pernah menulis berita seperti itu. Kalau dicek, berita yang ada pada 7 Maret 2016 pukul 05.14 adalah ini: https://metro.tempo.co/…/maju-via-jalur-independen-ahok-ter…

Burhan mengatakan ada bukti yang menunjukkan bahwa postingan itu bukan berasal dari berita Tempo, yaitu berdasarkan jumlah karakter judul. “Judul itu ada 85 huruf. Sementara sistem di Tempo.co tidak memungkinkan membuat judul lebih dari 60 karakter,” katanya.

Burhan pun mengimbau agar para pembaca dan pengguna media sosial dapat lebih berhati-hati dan tidak menelan mentah-mentah kabar yang beredar. “Dicek dan ricek dulu. Sebab, banyak media sosial yang dimanfaatkan dan dijadikan kampanye hitam,” ujarnya.

Postingan foto itu tampaknya dibuat berdasarkan berita yang dimuat tempo.co pada 5 September 2015 berjudul Ratna Sarumpaet Menyesal Pernah Dukung Ahok Jadi Wagub

SUMBER:

http://forum.detik.com/tempo-bantah-berita-ratna-sarumpaet-akan-menari-di-monas-t1351076.html

https://metro.tempo.co/read/751297/maju-via-jalur-independen-ahok-terancam-dijegal