(HOAX) Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel Kereta Api

Sumber: Whatsapp

Narasi:

[…] MENGAPA MESIN MOBIL SERING MATI DI ATAS PERLINTASAN REL KERETA API

Org awam terkadang mengira hal ini di sbbkan krn perlintasan tsb angker/kurang sajen dan kemenyan/ada demit dll

Penjelasan teknis :

Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah DINAMO, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar).
Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 Km dr Lokomotif.

Saat kendraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dpt seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA.

Oleh krn itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati.
Bila hal ini terjadi segera keluar dr mobil anda, krn mesin mobil akan susah utk di stater kembali.

Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sdh terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan KA demi keselamatan anda. Ingat KA tdk bisa mengerem mendadak krn roda dan rel terbuat dr baja shg tdk ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem

Semoga bermanfaat.
(Bagas Senoadji / PPNS Perkeretaapian) […]

Penjelasan: Mesin mobil bisa mati di mana saja. Data dari Federal Railroad Association (FRA) di Amerika menunjukkan bahwa hanya ada 320 kali insiden dan hanya 6 kali yang mobil tidak bisa dinyalakan. Dari beberapa faktor penyebab mobil kecelakaan kendaraan mobil dengan kereta tersebut, ada beberapa hal lumrah penyebab mobil mati di atas rel kereta api.

Pertama, adanya problem pada mesin secara mekanikal. Kedua, mesin tidak menyala lantaran pengemudinya panik saat menyalakan kendaraan. Dan, ketiga, kendaraan terjebak di tengah-tengah rel dan tidak bisa melewati rel.

Untuk itu, ketika tengah menyeberang rel kereta api ada baiknya pengemudi tidak panik. Selain itu, ketika kendaraan mati di tengah rel, pengemudi harus tenang dan segera mengevakuasi diri. Ketika tengah menyelamatkan diri, ada baiknya berlari 45 derajat ke arah kereta, agar tidak terkena serpihan tabrakan.

Referensi:

http://www.straightdope.com/columns/read/2770/why-are-cars-so-prone-to-stalling-over-railroad-tracks