(HOAX) Serangga Menyebabkan Tangan dan Bagian Tubuh Lainnya Bolong

Sumber: Media Sosial

Narasi:

Perhatian untuk seluruh kawan-kawan, bila melihat serangga seperti di dalam foto, jangan sekali-kali menyentuhnya, di Thailand telah ditemukan serangga ini dalam jumlah besar, di Myanmar juga ditemukan, dan sudah mau masuk ke Indonesia, bagi yang menyentuh serangga ini, tangannya jadi seperti di foto dan sakit luar biasa.

Penjelasan:

Serangga yang dimaksud dalam foto klaim tersebut merupakan Giant water bug (Kirkaldyia deyrolli), serangga air yang sering ditemukan di daerah  Asia Timur, Australia, dan Amerika. Foto serangga yang digunakan pada kabar tersebut merupakan serangga air jantan yang tengah membawa telurnya. Serangga tersebut diketahui tidak menyebabkan penyakit seperti yang diklaim pada foto.

Gambar tangan yang dipenuhi rongga-rongga kecil itu sejatinya bukan dikarenakan penyakit tertentu, melainkan hasil rekayasa make up pada tangan. Lalu, gambar yang menunjukkan jari bolong bergigi itu merupakan hasil rekayasa foto. Dengan demikian, klaim atas serangga tersebut menyebabkan penyakit tangan berongga atau jari berlubang tidaklah benar.

Kabar hoax tersebut beredar hanya membuat orang yang melihatnya ketakutan dan merasa geli, khususnya bagi pengidap thrypofobia atau fobia terhadap rongga-rongga atau lubang kecil. Dampaknya bisa membuat orang yang telah melihat hoax tersebut memburu hingga memusnahkan serangga air dalam foto karena ketakutan.

Referensi:

‘New Killer Insect’ Hoax Goes Viral [Photos]

http://www.pulsk.com/632624

[Analisa Foto] Serangga Kanibal, Pemakan kulit dan daging manusia ?