(HOAX) : Bayi Nabila Meninggal Karena Kabut Asap di Jambi

Sebuah postingan di Facebook ramai diperbincangkan pekan lalu. Akun itu milik perempuan bernama Rhia, seorang ibu penjual nasi uduk di kawasan Pasir Putih, Jambi. Dalam postingan itu dia memasang duka saat putrinya Nabila yang berusia 15 bulan meninggal dunia. Di foto itu, bayi Nabila memakai masker, dan juga ada yang sudah berbungkus kafan.

‘Cukup anak hamba ya Allah yg jadi korban akibat asap yang tidak kunjung berhenti, jgan lagi ada korban lain, sesak nafas, batuk, pilek akibat kabut asap dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab’, demikian tulis Rhia dalam akun Facebooknya.

Namun sekarang postingan itu sudah tidak bisa dilihat publik.

“Akun itu sudah nggak bisa dibuka lagi. Kami tidak tahu kenapa bisa begitu, ada yang memblokir. Ibu juga nggak pernah menghapus fotonya,” terang suami Rhia, Ahmad Arbain, saat berbincang dengan detikcom, Senin (5/10/2015).

Pihak Rumah Sakit Theresia Kota Jambi, Provinsi Jambi membantah bahwa anak pasangan Ahmad dan Khomariah warga RT 08, Kelurahan Pasir Putih, Kota Jambi, tersebut meninggal akibat kabut asap.

“Memang ada pasien anak balita yang meninggal pada Selasa (29/9) kemarin, tapi itu bukan karena kabut asap, melainkan kondisinya sudah sangat kritis,” kata Direktur RS Theresia Asianto Supargo di Jambi, Sabtu (3/10), dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, Nabila meninggal karena kegagalan multifungsi organ dan juga mengalami kegagalan kardiovaskular sehingga menyebabkan balita tersebut meninggal dunia.

“Asap tidak menyebabkan kematian secara langsung, saya kira kalau asap menyebabkan kematian secara langsung banyak balita lain yang kena asap juga meninggal,” ujar Asianto.

Menurutnya, anak balita tersebut tidak lama berada di rumah sakit. Saat tiba langsung dilakukan penanganan lebih lanjut, namun kondisinya sudah memang tidak bisa tertolong lagi.

“Pihak keluarga pasien minta tolong dan kita sudah berupaya untuk memberikan pertolongan, namun karena kondisi penyakitnya yang sudah parah sehingga tidak tertolong lagi,” jelasnya.

SUMBER :

https://news.detik.com/berita/3035726/kisah-ibu-di-jambi-yang-posting-di-facebook-anaknya-meninggal-karena-asap

https://www.merdeka.com/peristiwa/rs-theresia-jambi-pastikan-bayi-nabila-meninggal-bukan-karena-asap.html

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/188302141502329/