[SALAH] KABAR BURUK!!! RESMI HARI INI PKS MENARIK DUKUNGAN ANIES BASWEDAN

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim PKS resmi menarik dukungannya terhadap Anies Baswedan. Unggahan tersebut telah dimanipulasi. Narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut berbeda dengan judul. Narasi pada unggahan tersebut menyatakan tidak ada pernyataan terkait PKS resmi mengundurkan diri mendukung Anies, tetapi narasi tersebut membantah pernyataan tersebut.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694764076.316042/youtu.be/N-6k9RsC2BQ%40si%3DbdWr5vD7lfqogxh2.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “KABAR BURUK!!! RESMI HARI INI PKS MENARIK DUKUNGAN ANIES BASWEDAN”

============
[PENJELASAN]:
Akun YouTube Suara Rakyat pada 11 September 2023 mengunggah video dengan judul “KABAR BURUK!!! RESMI HARI INI PKS MENARIK DUKUNGAN ANIES BASWEDAN”.  Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 5 menit 32 detik itu tidak menyampaikan narasi yang menyatakan bahwa PKS resmi menarik dukungannya kepada Anies Baswedan. Judul dan narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut berbeda dan malah bertentangan. Pernyataan dalam judul mengatakan PKS resmi mengundurkan diri akan tetapi dalam narasi yang disampaikan PKS bahwa kabar tersebut tidak benar.

Unggahan tersebut menarasikan artikel berjudul “PKS Dikabarkan Menarik Dukungan dari Anies Baswedan, Jawaban Sudirman Said, Respon Cak Imin dan PKB” yang diunggah pada laman kaltim.tribunnews.com tanggal 9 September 2023. Artikel ini menyampaikan narasi yang membantah berita tentang mundurnya PKS dalam mendukung Anies.

==========
[REFERENSI]:
https://kaltim.tribunnews.com/2023/09/09/pks-dikabarkan-menarik-dukungan-dari-anies-baswedan-jawaban-sudirman-said-respon-cak-imin-dan-pkb