[SALAH] Jika Anis Jadi Presiden, Amerika Bebas Keruk Kekayaan Alam Indonesia

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Tidak ditemukan informasi yang valid tentang klaim tersebut. Pada safari politik di Bandung 5 Agustus 2023 lalu, Anies menjanjikan perbaikan di empat sektor yaitu ekonomi, lapangan kerja, kesehatan, dan pendidikan.

[KATEGORI]
Konten Menyesatkan

[SUMBER]

Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1691922758.834542/singlefile.html

https://youtube.com/shorts/XKStEuxq7pE?feature=shareshareef (link sumber asli)

[NARASI]
“JIKA ANIS JADI PRESIDEN, AMERIKA BEBAS KERUK KEKAYAAN ALAM INDONESIA

[PENJELASAN]

Beredar sebuah video di Youtube Short yang mengklaim bahwa Amerika Serikat akan keruk kekayaan alam Indonesia, jika Anies Baswedan terpilih menjadi Presiden Indonesia. Unggahan tersebut dikemas dalam tayangan animasi yang diunggah pada 17 Maret 2023. Narator dalam video menjelaskan kembali pernyataan Habib Kribo terkait klaim bahwa Amerika bebas keruk kekayaan alam Indonesia jika Anies jadi Presiden.

Faktanya tidak ditemukan informasi valid tentang klaim tersebut.  Dikutip dari Youtube Kompas TV, Anies Baswedan pernah mengutarakan janji-janjinya jika terpilih menjadi Presiden. Terdapat Empat janji yang berkaitan dengan sektor ekonomi, lapangan kerja, kesehatan, dan pendidikan. Pernyataan itu dikatakan Anies saat safari politik di Bandung pada 5 Agustus 2023.

Pada perbaikan pada sektor ekonomi, Anies berjanji akan membuat harga bahan pokok menjadi terjangkau. Selain itu Anies juga berjanji akan membuat fasilitas kesehatan yang memadai. Anies juga berjanji akan menyiapkan banyak lapangan pekerjaan dan akan memberikan akses pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

Pernyayaan Habib Zen Assegaf atau habib Kribo dalam video yang mengatakan bahwa Anies Baswedan akan dijadikan alat Amerika Serikat sebagai wujud balas jasa selama ini, tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

[REFERENSI]
https://youtu.be/9fi8uUZGHns

https://www.tvonenews.com/amp/berita/141818-pernyataan-habib-kribo-soal-penistaan-agama-bawa-bawa-nama-nabi-muhammad

https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/news/2023/08/02/132904/5-kontroversi-habib-kribo-dipolisikan-atas-kasus-penistaan-agama-pernah-sebut-anies-akan-ubah-ri-jadi-taliban