[SALAH] “MEGAWATI RESPON DEKLARASI GOLKAR DAN PAN DUKUNG PRABOWO DI PILPRES 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Megawati merespon deklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo di pilpres 2024.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.ph/hF4EY

=====

[NARASI]: Publ1k G1git Jari.! Meg4wati Resp0n D3klar4si Prab0wo Begini,Bersiaplah.

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Terminal hati” mengunggah video dengan klaim Megawati merespon deklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo di pilpres 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator pada video tersebut hanya membayakan artikel milik antaranews.com dengan judul artikel PDIP respons deklarasi Golkar-PAN dukung Prabowo pada Pilpres 2024″.

Thumbnail yang menampilkan sosok Megawati yang sedang berpidato yang dinarasikan sedang marah, faktanya thumbnail tersebut identik dengan artikel milik wartaekonomi.co.id dengan judul artikel “Alasan Megawati Belum Pilih Capres 2024 Dibongkar Orang Dalam PDIP: ‘Beliau Sedang Teringat Cinta Pertamanya’, sebenarnya foto tersebut diambil saat pidato Megawati di penutupan rakernas PDIP.

Salah satu potongan video yang menampilkan sosok Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan identik dengan video yang diunggah oleh kanal youtube CNN Indonesia dengan judul video “Sah! Golkar, PAN dan PKB Deklarasi Prabowo Capres 2024”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Megawati merespon deklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo di pilpres 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.antaranews.com/berita/3679077/pdip-respons-deklarasi-golkar-pan-dukung-prabowo-pada-pilpres-2024
https://wartaekonomi.co.id/read464817/alasan-megawati-belum-pilih-capres-2024-dibongkar-orang-dalam-pdip-beliau-sedang-teringat-cinta-pertamanya
https://www.youtube.com/watch?v=wp2CaV58nNQ