[SALAH] Tautan Link Pemulihan Untuk Akun Facebook yang Diblokir

Tautan palsu. Jika akun Facebook dinonaktifkan maka akan muncul pesan yang mengatakan akun tersebut dinonaktifkan saat mencoba masuk. Facebook juga memberi tautan untuk pengajuan pemulihan akun yaitu https://www.facebook.com/login/identify

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/5sH2s)

======

[NARASI]:

“๐—ฃ๐—˜๐—ฅ๐—œ๐—ก๐—š๐—”๐—ง๐—”๐—ก ๐—ฃ๐—˜๐— ๐—•๐—Ÿ๐—ข๐—ž๐—œ๐—ฅ๐—”๐—ก:shield:
๐—ฆ๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ง๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐— ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ฝ๐—ผ๐—ฟ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ธ๐˜‚๐—ป ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ ๐—”๐—ป๐—ฑ๐—ฎ
๐—ž๐—ฎ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ ๐—”๐—ป๐—ฑ๐—ฎ ๐—ง๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐— ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฆ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ ๐—ž๐—ผ๐—บ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ.
๐——๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—Ÿ๐—ฎ๐—ฝ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐˜ ๐—”๐—ธ๐˜‚๐—ป ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ ๐—”๐—ป๐—ฑ๐—ฎ ๐—”๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฆ๐—ฒ๐—ด๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ ๐——๐—ถ ๐—•๐—น๐—ผ๐—ธ๐—ถ๐—ฟ/๐——๐—ถ๐—ป๐—ผ๐—ป๐—ฎ๐—ธ๐˜๐—ถ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป.
๐—๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—”๐—ป๐—ฑ๐—ฎ ๐— ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐˜€๐—ฎ ๐—ง๐˜‚๐—ฑ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—ป/๐—Ÿ๐—ฎ๐—ฝ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐˜ ๐—ง๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—•๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ฟ,
๐—ฆ๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ผ๐—ป๐—ณ๐—ถ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐——๐—ฎ๐˜๐—ฎ ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ ๐—”๐—ป๐—ฑ๐—ฎ ๐—จ๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐— ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ธ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—น๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ธ๐˜‚๐—ป ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ ๐—”๐—ป๐—ฑ๐—ฎ, ๐——๐—ฎ๐—ป ๐—จ๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ฐ๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐—ต ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ผ๐—ป๐—ฎ๐—ธ๐˜๐—ถ๐—ณ๐—ฎ๐—ป.
๐—ž๐—น๐—ถ๐—ธ ๐—ง๐—ฎ๐˜‚๐˜๐—ฎ๐—ป ๐——๐—ถ ๐—•๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ต ๐—œ๐—ป๐—ถ ๐——๐—ฎ๐—ป ๐— ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐——๐—ฎ๐˜๐—ฎ ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ ๐—”๐—ป๐—ฑ๐—ฎ ๐——๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—•๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ฟ.
๐—œ๐—ธ๐˜‚๐˜๐—ถ ๐—ง๐—ฎ๐˜‚๐˜๐—ฎ๐—ป
https://layanandatablok.webnode.page/
๐—”๐—ฝ๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ๐—น๐—ฎ ๐—ง๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—น๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—น๐—ผ๐—ธ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป, ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ ๐—”๐—ป๐—ฑ๐—ฎ ๐—”๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐——๐—ถ ๐—ก๐—ผ๐—ป ๐—”๐—ธ๐˜๐—ถ๐—ณ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ง๐—ฎ๐—ป๐—ฝ๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐—ต๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—Ÿ๐—ฎ๐—ด๐—ถ.
๐—ง๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—บ๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ต
๐—ฆ๐—ฒ๐—ฐ๐˜‚๐—ฟ๐—ถ๐˜๐˜† ๐—™๐—ฎ๐—ฐ๐—ฒ๐—ฏ๐—ผ๐—ผ๐—ธ”

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah akun di Facebook bernama Pemberitahuan Pemblokiran yang mengirim postingan kepada banyak akun Facebook terkait pemblokiran. Dalam narasinya, akun tersebut menyebut bahwa akun yang dikirimi postingan itu telah melanggar peraturan dan diminta mengisi data-data akun Facebook mereka ke link tautan yang disertakan.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun yang mengatasnamakan Pemberitahuan Pemblokiran adalah bukan akun dari pihak Facebook.

Dilansir dari helpdesk Facebook, jika akun Facebook seseorang dinonaktifkan, maka yang bersangkutan akan melihat pesan yang menyatakan bahwa akun yang bersangkutan dinonaktifkan saat mencoba masuk.

Selain itu, Facebook juga memberi tautan untuk pengajuan pemulihan akun yaitu https://www.facebook.com/login/identify.

======

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/3670356/hoaks-tautan-pemulihan-akun-untuk-akun-facebook-yang-diblokir