[SALAH] INDONESIA BERHASIL CIPTAKAN RUDAL TERBESAR DI DUNIA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya dalam video tersebut tidak ditemukan informasi valid bahwa Indonesia berhasil ciptakan rudal terbesar di dunia. Video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan video dari berbagai peristiwa yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1684834200.521206/singlefile.html (Facebook)

=======

[NARASI]: N4TO Makin Panik ! Indonesia Berhasil Ciptakan Rud4l K1amat Pertama Terbesar di Dunia
*
*
*
Indonesia berhasil menciptakan rudal pertahanan udara N4TO yang terbesar di dunia. Kabar ini membuat N4TO geger dan semakin panik. Dalam hal pertahanan udara, Indonesia kian meningkatkan kemampuan untuk menjaga kedaulatan negara. Diharapkan, pencapaian ini dapat memberikan kepercayaan diri dan keamanan bagi Indonesia dalam menjaga wilayahnya.

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari halaman facebook bernama Portal Militer yang menampilkan sebuah roket sedang diluncurkan dengan narasi yang menyatakan bahwa Indonesia berhasil ciptakan rudal terbesar di dunia.

Setelah dilakukan penelusuran, video dalam klaim tersebut berisi cuplikan video dari beberapa video peluncuran roket yang berbeda.

Video pertama identik dengan video unggahan channel youtube PT PINDAD OFFICIAL berjudul “Dynamic Test V R HAN 122B” yang tayang pada 18 November 2019. Video aslinya merupakan ujicoba roket yang dibuat oleh PT Pindad yaitu Dynamic Test V R HAN 122B.

Video berikutnya identik dengan video unggahan channel youtube Pustekroket LAPAN berjudul “Pusat Teknologi Roket, LAPAN Berhasil Melakukan Uji Terbang RX 450-5” yang diunggah pada 5 Desember 2020. Video tersebut berisi video uji terbang roket RX 450-5 buatan Pusat Teknologi Roket, LAPAN.

Beberapa cuplikan dalam video klaim tersebut juga merupakan video animasi peluncuran roket yang bisa didapatkan di platform jual beli foto dan video istockphoto.com.

Berdasarkan penjelasan di asta, klaim bahwa Indonesia berhasil ciptakan rudal terbesar di dunia tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2279/keliru-video-peluncuran-rudal-terbesar-di-dunia-milik-indonesia