[SALAH] Terdapat Logo UNS pada Flyer Undangan Alumni UNS Mendukung Jokowi – Ma’ruf

Flyer asli pada undangan alumni UNS mendukung Jokowi – Ma’ruf tidak terdapat logo UNS dengan tulisan Universitas Sebelas Maret. Sekjen DPP JoSmart relawan Jokowi, Eko Nugroho mengatakan pihaknya masih bisa memilah-milahkan mana untuk kepentingan lembaga misal UNS atau alumni UNS. “Kami masih waras, tidak mungkin mencampur adukkan lembaga UNS yang tentu harus netral dengan hak politik sekelompok alumni UNS yang secara demokratis bisa menyalurkan aspirasinya” ujarnya, Minggu (13/1).

=====

Sumber: Whatsapp dan Media Sosial Facebook

=====

Kategori: False Context / Disinformasi

=====

Narasi :

“UNS, Universitas Negeri Sebelas Maret,” terulis di flyer palsu undangan alumni UNS mendukung Jokowi – Ma’ruf yang disertai logo UNS.

=====

Penjelasan:

Melalui pesan berantai Whatsapp dan media sosial Facebook tersebar kabar alumni Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) membuat undangan deklarasi dukungan untuk pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin. Acara yang akan dihadiri oleh Moeldoko, Akbar Tanjung dan Ustaz Yusuf Mansur pada 26 Januari mendatang, informasinya dipelintir oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Informasi yang dipelintir adalah pada flyer undangan acara di atas, dicantumkan logo UNS dengan tulisan Universitas Sebelas Maret. Padahal pada logo aslinya tidak terdapat logo tersebut.

Menanggapi hal ini, Sekjen DPP JoSmart relawan Jokowi, Eko Nugroho mengatakan pihaknya masih bisa memilah-milahkan mana untuk kepentingan lembaga misal UNS atau alumni UNS. “Kami masih waras, tidak mungkin mencampur adukkan lembaga UNS yang tentu harus netral dengan hak politik sekelompok alumni UNS yang secara demokratis bisa menyalurkan aspirasinya” ujarnya, Minggu (13/1).

Sekretaris Josmart, Wida Sanjaya menceritakan awal diketahuinya adanya flyer hoax itu bermula ketika Ketua Umum DPP Josmart Ir Heri Sosiawan mendapat kiriman melalui Whatsapp yang mengucapkan selamat bakal berlangsungnya acara tersebut, kepada kalangan alumni UNS yang tergabung dalam relawan pendukung Jokowi, Josmart. “Yang janggal dalam flyer itu ada logo UNS, padahal dalam flyer resmi yang kami sebarkan sebagai publikasi, tidak ada logo UNS,” katanya.

Dalam waktu dekat pihak KetuaJosmart Solo Raya Harry Prasetyo akan membuat laporan ke Polresta Surakarta.” Kami berharap jajaran kepolisian yang memiliki unit cyber crime dapat menangkap pelakunya dan mengganjar hukuman sesuai aturan yang berlaku agar pelaku penyebaran berita hoax bisa jera,”jelasnya.

=====

Referensi:
1. https://www.facebook.com/alonk.mbojo.9/posts/382979019119498
2. https://radarsolo.jawapos.com/…/flyer-hoax-serang-josmart-r…
3.https://www.krjogja.com/…/Dugaan_Penyebaran_Hoax_Flyer_Logo…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/818035538528983/