[SALAH] Indikator Rilis Hasil Survei Elektabilitas Pilkada Palopo

  • Direktur Indikator Politik Indonesia (Indikator) Fauny Hidayat menegaskan pihaknya tak pernah menyelenggarakan survei di Palopo.
  • Unggahan berisi “hasil survei elektabilitas periode 8—17 September 2024 untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Palopo dari Indikator” itu adalah konten yang dimanipulasi (manipulated content).

Akun X “ruryramdhan” pada Jumat (18/10/2024) mengunggah foto [arsip] yang memperlihatkan hasil survei elektabilitas periode 8—17 September 2024 untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Palopo dari Indikator Politik Indonesia (Indikator). Unggahan terlihat meyakinkan karena terdapat kontak dan alamat kantor Indikator.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menghubungi Direktur Indikator Fauny Hidayat untuk memastikan kebenaran unggahan yang beredar.

“Ya, dipalsukan (hasil survei itu palsu) karena kita tidak pernah ada survei di Palopo,” kata Fauny dalam pesan singkatnya kepada TurnBackHoax, Rabu (23/10/2024). 

Indikator menegaskan hasil survei resmi bisa diakses di laman resmi www.indikator.co.id  dan kanal YouTube INDIKATORTV (https://www.youtube.com/@IndikatorPolitikIndonesia).

Sebelumnya, beredar unggahan lain yang mencatut Indikator, sudah diulas TurnBackHoax lewat artikel “[SALAH] Hasil Survei 20—25 September 2024 Pilkada Bone Bolango dari Indikator” yang tayang Rabu (23/10/2024).

Kesimpulan

Unggahan berisi “hasil survei elektabilitas periode 8—17 September 2024 untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Palopo dari Indikator” itu adalah konten yang dimanipulasi (manipulated content).

(Ditulis oleh Arief Putra Ramadhan)