[SALAH] Survei LSI Oktober: Vicky Prasetyo-Suwendi Unggul di Pilkada Pemalang

  • Faktanya, pasangan Mansur Hidayat dan Muhammad Bobby Dewantara unggul dengan dukungan 69,1% dalam survei LSI periode 9—13 Oktober 2024.
  • Unggahan berisi klaim “Vicky Prasetyo-Suwendi unggul di survei Pilkada Pemalang yang dilakukan LSI bulan Oktober 2024” itu merupakan konten palsu (fabricated content). 

Akun TikTok “pinarakpemalang” pada Senin (21/10/2024) mengunggah foto [arsip] mengenai hasil survei LSI (Lembaga Survei Indonesia) tentang pasangan calon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Pemalang periode Oktober 2024.

Berikut narasi yang tertera dalam foto:

Berikut narasi lengkap yang ada di potongan hasil survei:

“Oktober 2024

Jika pemilihan langsung bupati Pemalang dilakukan sekarang

Siapa yang bapak/ibu pilih?

Sumber: Lembaga Survei Indonesia …”

Pasangan Vicky Prasetyo dan Mochamad Suwendi terlihat unggul dengan elektabilitas 57,4%, disusul Mansur Hidayat-Muhammad Bobby Dewantara (23,9%) dan Anom Widiyantoro dan Nurkholes (15,3%).

Per Jumat (25/10/2024), unggahan ini menuai lebih dari 170 tanda suka dan 80-an komentar.

Pemeriksaan Fakta

Dilansir dari mediakita.co, Eka Novita—narahubung LSI—menegaskan pihaknya tak pernah mengeluarkan survei tersebut. Ia menekankan hasil survei LSI bisa dilihat di laman www.lsi.or.id.

Hasil penelusuran Tim Pemeriksa Fakta Mafindo (TurnBackHoax) di laman resmi itu, ditemukan survei LSI periode  9—13 Oktober 2024 untuk Kabupaten Pemalang yang terbit Selasa (22/10/2024).

Berdasarkan survei tersebut, pasangan Mansur Hidayat dan Muhammad Bobby Dewantara unggul dengan dukungan 69,1%, sementara Anom Widiyantoro dan Nurkholes mengantongi 15,3%. Pasangan Vicky Prasetyo dan Mochamad Suwendi ada di posisi akhir, hanya didukung 12,3% responden.

Kesimpulan

Unggahan berisi klaim “Vicky Prasetyo-Suwendi unggul di survei Pilkada Pemalang yang dilakukan LSI bulan Oktober 2024” itu merupakan konten palsu (fabricated content). 

(Ditulis oleh Rahmah)