[PENIPUAN] Akun Facebook Daviena Berbagi Rejeki Motor dan Uang Tunai

  • Akun Instagram resmi Melvina Husyanti, pemilik usaha produk perawatan kulit Daviena Skincare adalah instagram.com/melvhinahusyanti yang sudah terverifikasi.
  • Adanya akun Facebook “Daviena” itu merupakan konten tiruan (impostor content).

Akun Facebook “Daviena” (fb.com//umul.her.5) pada Minggu (20/10/2024) mengunggah foto [arsip] yang disukai lebih dari 6.600 kali, dikomentari lebih dari 1.900 kali, dan dibagikan 63 kali dengan narasi sebagai berikut:

“Saya  akan memilih yang rajin daftar semoga dapat Rezeki untuk memiliki Motor cantik ini dan uang tunai segera cek komentar”

Pemeriksaan Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax), adanya akun Facebook “Daviena” yang menggunakan foto Melvina Husyanti, pemilik usaha produk perawatan kulit Daviena Skincare merupakan modus penipuan berkedok bagi-bagi hadiah.

Akun Instagram resmi Melvina Husyanti, pemilik usaha produk perawatan kulit Daviena Skincare adalah instagram.com/melvhinahusyanti yang sudah terverifikasi.

Modus penipuan yang mengatasnamakan pengusaha seperti Melvina ini merupakan hoaks berulang dan sangat berbahaya jika korban memberikan data pribadi (seperti buku tabungan atau foto kartu identitas) untuk diunggah di media sosial. Pasalnya, data pribadi ini rawan digunakan untuk penipuan.

Kesimpulan

Dengan demikian, akun Facebook “Daviena” yang berbagi hadiah dengan mencatut foto Melvina Husyanti, pemilik usaha produk perawatan kulit Daviena Skincare, merupakan konten tiruan (impostor content).

About Adi Syafitrah 1651 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo