[SALAH] Video Kecelakaan Kapal di Gowa Sulawesi Selatan

  • Faktanya, itu merupakan potongan dokumentasi kecelakaan kapal di Danau Kivu (bagian timur Republik Demokratik Kongo).
  • Video yang diklaim sebagai dokumentasi “kecelakaan kapal ferry di Gowa, Sulawesi Selatan pada Minggu (6/10/2024)” itu merupakan konten dengan konteks yang salah (misleading content).

Akun Instagram “pontianakinfodisway.id” pada Senin (7/10/2024) mengunggah video [arsip] dan mengeklaim dokumentasi tersebut merupakan momen kecelakaan kapal di Gowa Sulawesi Selatan yang terjadi pada Minggu (6/10/2024).

Unggahan disertai narasi:

Kecelakaan Gua/sulsel pada hari minggu 06.10.2024. 23 jen*z*h ditemukan, 40 orang berhasil diselamatkan dan 64 hilang. Keserakahan pemilik kapal dalam kelebihan muatan, melebihi kepercayaan para pelancong juga. Sangat menyedihkan.

Per Minggu (20/10/2024), konten itu sudah ditonton lebih dari 50 ribu kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran klaim dengan memasukkan gambar ke mesin Google Lens. Hasilnya, ditemukan gambar serupa dalam pemberitaan Voice of Nigeria (von.gov.ng) berjudul “78 Die As Ferry Capsizes On DR Congo Lake”.

Faktanya, kecelakaan kapal tersebut terjadi di Danau Kivu (bagian timur Republik Demokratik Kongo) yang menewaskan 78 orang pada Jumat (4/10/2024).

Voice of Nigeria mewartakan, kecelakaan seperti itu umum terjadi di RD Kongo. Pasalnya, kapal-kapal seringkali penuh sesak dengan penumpang yang jarang diberi jaket keselamatan dan sering kali tidak bisa berenang.

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai dokumentasi “kecelakaan kapal ferry di Gowa, Sulawesi Selatan pada Minggu (6/10/2024)” itu merupakan konten dengan konteks yang salah (misleading content).

(Ditulis oleh Yudho Ardi)