[SALAH] Permadi Arya (Abu Janda) Jadi Wamenag Urusan Intoleransi Agama

  • Tidak ada nama Permadi Arya dalam daftar calon menteri yang dipanggil Prabowo hari Senin (14/10/2024) dan Selasa (15/10/2024).
  • Video yang beredar merupakan potongan momen saat Permadi Arya makan siang bersama Prabowo pada September 2023.
  • Narasi berisi klaim “Permadi Arya menjadi menteri maupun wakil menteri dalam pemerintahan Presiden Prabowo” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun X “Obed R.W. Nadeak” pada Selasa (15/10/2024) mengunggah video [arsip] berisi momen kebersamaan antara Prabowo Subianto dengan Permadi Arya (pegiat media sosial yang juga dikenal sebagai Abu Janda).

Cuitan tersebut disertai narasi:

“Permadi Arya, kandidat Wamenag khusus urus intoleransi beragama di Indonesia. Menyala Presiden Prabowo 🤗 🇮🇩”

“Mentri Agama Permadi arya alias abu janda, paling cocok itu dah buat hapus intoleransi beragama di Indonesia”

Warganet lain, salah satunya akun “M26165Kalong” [arsip] juga memberikan reaksi yang seolah percaya Permadi Arya akan masuk sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag) dalam pemerintahan Presiden Prabowo.

Sementara, akun “Tekarok 007” [arsip] pada Rabu (16/9/2024) menyebut Permadi Arya akan menjadi Menteri Agama. 

Unggahan “Obed R.W. Nadeak” per Senin (21/10/2024) disukai sekitar 1.500 akun, ditonton lebih dari dua juta kali, dan dikomentari sekitar 1.000 akun. Mayoritas percaya dengan informasi Permadi Arya akan menjadi Wamenag.

Pemeriksaan Fakta

Tim Pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) semula mencari daftar nama yang dipanggil presiden Prabowo pada Senin (14/10/2024) dan Selasa (15/10/2024). Dilansir dari laporan Detik.com, Permadi Arya tidak termasuk dalam daftar calon menteri di pemerintahan Presiden Prabowo.

Berdasarkan penelusuran gambar dengan Google Lens, diketahui video unggahan akun X “Obed R.W. Nadeak” serupa dengan dokumentasi yang tayang di rilpolitik.com dan kontenislam.com.

Konteks asli video tersebut adalah momen Permadi Arya makan siang bersama Prabowo pada September 2023.

Kesimpulan

Narasi berisi klaim “Permadi Arya menjadi menteri maupun wakil menteri dalam pemerintahan Presiden Prabowo” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)