[PENIPUAN] Mamah Dedeh Berbagi Bantuan di TikTok

  • Hasil deteksi dari resemble.ai menunjukkan audio dalam unggahan merupakan hasil suntingan AI.
  • Video berisi narasi “Mamah Dedeh berbagi bantuan di TikTok” adalah konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

Akun Tiktok @mamah.dedeh446 pada Minggu (15/9/2024) membagikan video [arsip] berisi rekaman diri yang menyebut akan memberi bantuan bagi yang sudah mengikuti akun tersebut. Unggahan disertai narasi:

“Assalamualaikum saya mamah dedeh, menjelang di bulan hijriah ini dengan nazar saya siapapun yang melihat vt ini mamah akan berbagi bantuan online. untuk konfirmasi pastikan kamu sudah follow, tekan tombol love dan panah ya. ini asli resmi langsung dari mamah pribadi. yang bilang hoax karena belum pernah dapat. silakan kamu buktikan sendiri.”

Per Senin (20/10/2024), unggahan tersebut disukai 28 ribu akun, ditonton sekitar 700 ribu kali, serta dibagikan ulang 19 ribu kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri video tersebut melalui Google Lens. Diketahui potret itu berasal dari akun Instagram resmi milik Mamah Dedeh (@mamahdedeh_officialaccount) yang diunggah Juli 2021.

TurnBackHoax kemudian memeriksa audio dari video unggahan tersebut menggunakan detect.resemble.ai. Hasilnya, audio itu “palsu” alias dibuat menggunakan kecerdasan buatan artificial intelligence (AI).

Kesimpulan

Video berisi narasi “Mamah Dedeh berbagi bantuan di TikTok” merupakan konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

(Ditulis oleh Siti Lailatul Fitriyah)