[SALAH] Syukuran Jadi Ketua DPR Lagi, Puan Maharani Bagikan Rp25 Juta via TikTok

  • Audio dalam video unggahan memiliki kemungkinan 99,9% sebagai buatan AI. Foto berasal dari pemberitaan tahun 2016 saat Puan masih menjadi Menko PMK.
  • Akun TikTok “puan.maharaniri”—yang mengklaim diri sebagai Puan Maharani serta akan membagikan uang R25 juta—dan seluruh unggahannya merupakan konten tiruan (impostor content).

Beredar video [arsip] dari akun TikTok “puan.maharaniri” yang mengklaim diri sebagai Puan Maharani dan akan membagikan uang R25 juta bagi pengikut akun. Isi video berupa rekaman Puan yang menjelaskan giveaway tersebut sebagai bentuk rasa syukur karena kembali menjadi Ketua DPR RI.

Berikut narasi lengkapnya:

“Janji saya pribadi. Real”

“Assalamualaikum, perkenalkan saya Puan Maharani, Ketua Umum DPR RI. Untuk mengucap rasa syukur atas terpilihnya kembali saya menjadi Ketua Umum DPR RI, di akun TikTok baru saya ini akan berbagi 25.000.000 untuk siapa saja yang ketahuan follow dan share video ini. Ingat ini bukan suatu kebetulan karena tidak semua orang melihat akun ini. Mungkin ini sudah rezeki kamu.”

Per Minggu (20/10/2024), unggahan telah ditonton lebih dari 480 juta kali dan mendapatkan tanda suka dari sekitar 22 ribu akun.

Pemeriksaan Fakta

Pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri gambar dari video unggahan akun TikTok “puan.maharaniri” melalui Google Lens. Hasilnya, foto tersebut serupa dengan dokumentasi tahun 2016 yang tayang di pemberitaan investor.id berjudul “Menko PMK: Pemerintah Rumuskan Peta Jalan Revitalisasi Pendidikan Vokasional”.

TurnBackHoax melanjutkan penelusuran dengan memanfaatkan mesin pendeteksi AI, Hive Moderation. Hasilnya, audio dalam video memiliki kemungkinan 99,9% sebagai buatan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Di bagian bio akun pengunggah, terdapat nomor WhatsApp yang bisa dihubungi oleh warganet yang ingin mendapatkan Rp25 juta tersebut. Perlu diketahui, mekanisme pengambilan hadiah atau bantuan semacam ini merupakan modus penipuan.

Kesimpulan

Akun TikTok “puan.maharaniri”—yang mengklaim diri sebagai Puan Maharani serta akan membagikan uang R25 juta—dan seluruh unggahannya merupakan konten tiruan (impostor content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)