[PENIPUAN] Iriana Jokowi Beri Bantuan Rp25 Juta Lewat TikTok

  • Audio dalam unggahan telah diubah menggunakan AI. Video aslinya merupakan momen Iriana menyampaikan selamat ulang tahun untuk Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).
  • Video berisi narasi “Iriana membagikan Rp25 juta untuk pengguna medsos” merupakan konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

Akun Tiktok ‘IbuIrianajoko’ pada Selasa (01/10/2024) membagikan video [arsip] berisi narasi yang menyebut dirinya membagikan Rp25 juta untuk pengguna media sosial (medsos). Berikut narasi lengkapnya:

“Ibu negara berbagi di akhir masa jabatan…

Assalamualaikum saya Ibu Iriana Jokowi di akhir bulan masa jabatan saya sebagai ibu presiden, saya bernazar di akun tiktok pertama saya ini barang siapa yang ketahuan follow dan share video ini saya akan memberikan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan senilai 25.000.000 bukan suatu hal kebetulan, mungkin ini memang sudah menjadi rezeki kamu” 

Hingga Jumat (18/10/2024), unggahan tersebut mendapat lebih dari 150 ribu tanda suka dan dibagikan ulang sebanyak 68 ribu kali. 

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri video itu melalui Google Lens. Hasilnya, video tersebut mirip dengan unggahan di kanal YouTube DEKRANAS Indonesia yang dipublikasikan Rabu (3/3/2021).

Iriana dalam momen itu menyampaikan selamat atas ulang tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Ia tidak menjanjikan bakal memberi bantuan Rp25 juta (sebagaimana konten yang disebarkan akun TikTok ‘IbuIrianajoko’).

TurnBackHoax kemudian memeriksa audio unggahan tersebut menggunakan Hive Moderation. Diketahui, probabilitas audio tersebut dibuat dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) mencapai 99,9 persen.

Kesimpulan

Video berisi narasi “Iriana membagikan Rp25 juta untuk pengguna medsos” merupakan konten tiruan (impostor content) untuk modus penipuan.

(Ditulis oleh Raymondha Elsha)