[PENIPUAN] Cawagub Jabar Ilham Habibie Beri Bantuan Pelunasan Utang dan Modal Usaha

  • Lewat pendeteksian menggunakan Hive Moderation, diketahui audio dari unggahan yang beredar itu memiliki probabilitas 99,9% sebagai konten buatan AI.
  • Unggahan dengan klaim Ilham Habibie akan memberikan bantuan pelunasan hutang dan modal usaha merupakan konten tiruan (impostor content).

Di TikTok beredar unggahan [arsip] yang menunjukkan Ilham Habibie—calon wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 3—menyebut ingin memberikan bantuan bagi yang membutuhkan untuk melunasi utang dan modal usaha.

Berikut narasi lengkapnya:

“Assalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh saya Ilham Habibie sebagai anggota DPD Partai NasDem Purwakarta, ini janji saya ya yang masih punya utang piutang dan butuh modal usaha insya Allah saya bantu ini resmi ya, bukan hoax teruntuk kalian yang sudah share videonya. Tekan tanda hati dan panah. Insya Allah saya konfirmasi langsung semoga adanya ini bisa meringankan ekonomi kalian yang benar-benar sedang kesulitan dan membutuhkan uang khususnya untuk modal usaha atau bayar utang piutang sehingga ya, jangan lewatkan kesempatan itu.”  

Di bagian bio akun pengunggah, tertulis tautan nomor WhatsApp (WA) yang bisa dihubungi untuk memproses transfer dana bantuan senilai Rp20 juta.

Per Kamis (17/10/2024), video unggahan akun “ilham.habibiee” tersebut telah ditayangkan 17,4 ribu kali dengan dua ribu penyuka.

Pemeriksaan Fakta

Setelah dilakukan pendeteksian menggunakan Hive Moderation, audio dari video tersebut memiliki probabilitas 99,9% sebagai konten buatan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Dari penelusuran dengan menggunakan Google Lens, gambar yang dipakai dalam unggahan tersebut telah terpublikasi pada laman Yayasan CAST (Culture, Art, Science and Technology). Laman tersebut menampilkan Ilham Habibie sebagai co-founder sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan CAST.

Masyarakat perlu berhati-hati terhadap modus penipuan berupa iming-iming hadiah atau bantuan dengan arahan menghubungi sebuah nomor. Pelaku nantinya akan meminta data pribadi yang bersifat rahasia untuk disalahgunakan.

Kesimpulan

Unggahan dengan klaim “Ilham Habibie akan memberikan bantuan pelunasan hutang dan modal usaha” merupakan konten tiruan (impostor content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)