[SALAH] Emil Audero Ingin Dinaturalisasi dan Gabung ke Timnas Indonesia

  • Emil Audero tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang keinginannya bergabung ke Timnas Indonesia.
  • Narasi tentang “Emil Audero ingin dinaturalisasi dan bergabung dalam Timnas Indonesia” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun instagram “Adijayakato” pada Selasa (29/09/2024) mengunggah foto [arsip] berisi narasi yang mengklaim Emil Audero—pesepak bola asal Italia—ingin bergabung dalam Tim Nasional (timnas) Indonesia.

Dalam unggahan tersebut, terlihat potret Emil dengan tambahan tulisan di bagian bawah foto sebagai berikut:

“Saya orang Indonesia asli, ayah saya 100% berdarah pribumi. Saya berharap kloter berikutnya (Naturalisasi) saya membela tanah air (Indonesia).”

Per Sabtu (12/10/2024), unggahan telah menuai lebih dari 3000 tanda suka (likes).

Pemeriksaan Fakta

Disadur dari artikel periksa fakta Tirto.id

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran klaim tersebut dengan memasukkan kata kunci “Emil Audero naturalisasi” ke mesin pencarian Google. Hasilnya, klaim ini sudah diusut kebenarannya oleh pemeriksa fakta Tirto.id.

Mengutip artikel periksa fakta Tirto.id yang tayang Rabu (2/10/2024), lewat temuan Google Images, diketahui kalau foto dalam unggahan instagram “Adijayakato” berasal dari akun Instagram Emil Audero.

Foto asli tersebut merupakan momen Emil memperkuat Timnas Italia untuk Euro U-21 tahun 2019. Emil saat itu tidak mengeluarkan pernyataan tentang keinginannya bergabung ke Timnas Indonesia.

Dilansir dari pemberitaan Bola.com bulan Juni 2024, Emil mengaku mendapat tawaran untuk bergabung dalam Timnas Indonesia. Namun, dirinya menegaskan tak bisa dinaturalisasi karena memiliki paspor Italia.

Kesimpulan

Jadi, narasi tentang “Emil Audero ingin dinaturalisasi dan bergabung dalam Timnas Indonesia” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Vania Astagina)