[BELUM TERBUKTI]: Buah Mengkudu Bisa Permanen Sembuhkan Darah Tinggi

Hasil Periksa fakta Raka.

Faktanya, penelitian tentang efektifitas mengkudu dalam menurunkan darah tinggi baru sebatas uji coba ke hewan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

========

[SUMBER]: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/HIr5F

=========

[NARASI]: Tips menyembuhkan darah tinggi

=========

[PENJELASAN]:Disadur dari cek fakta tempo.co.Akun Facebook “Indra Indrawan” membagikan reels video berisi klaim yang menyebut rebusan mengkudu dapat menyembuhkan darah tinggi secara permanen. Konten tersebut per Jumat (11/10/2024) telah disukai lebih dari 10 ribu akun dan dibagikan ulang 2,7 ribu kali.

Pemeriksa fakta tempo.co menelusuri klaim ini. Dalam wawancaranya bersama Tempo.co, dr. Mas Rizky Anggun Adipurna Syamsunarno, staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, mengungkap mengkudu (Morinda citrifolia) memang punya potensi menurunkan tekanan darah.

Namun, Mas Rizky Anggun menekankan penelitian seputar itu masih terbatas pada hewan, belum diuji secara klinis ke manusia. Ahli dari Medical News Today menyebut ada beberapa cara alami untuk menurunkan tekanan darah, yakni olahraga teratur, mengurangi konsumsi natrium dan alkohol, meningkatkan asupan makanan kaya kalium, mengelola stres, menurunkan berat badan, hingga berhenti merokok.

Jadi, unggahan berisi klaim “rebusan mengkudu dapat menyembuhkan darah tinggi secara permanen” itu merupakan konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]:https://www.medicalnewstoday.com/articles/318716

[BELUM TERBUKTI] Mengkudu Menyembuhkan Darah Tinggi Secara Permanen

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3034/belum-ada-bukti-klaim-mengkudu-menyembuhkan-darah-tinggi-secara-permanen