[SALAH] Foto “Najwa Shihab dirawat di rumah sakit karena penyakit tulang”

Informasi yang menyesatkan. Foto Najwa Shihab yang terbaring di rumah sakit itu adalah foto pada tahun 2021 dan dirawat karena gangguan usus. Selain itu, akun Facebook yang menggunggah foto Najwa tersebut adalah akun palsu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook “Najwa Shihab” (fb.com/61567142211274) pada 7 Oktober 2024 membagikan foto yang menampilkan Najwa Shihab yang tampak terbaring di rumah sakit dengan narasi sebagai berikut:

“Peringatan: Komplikasi Osteoartritis dan Asam Urat Sangat Berbahaya, 𝗁ɑ𝗆𝗉𝗂𝗋 𝗆𝖾𝗋𝖾𝗇𝗀𝗀ᴜ𝗍 𝗇𝗒ɑ𝗐ɑ 𝖲ɑ𝗒ɑ
Terima kasih kepada seluruh dokter di 𝗥𝗦𝗜𝗔 𝗕𝘂𝗻𝗱𝗮 𝗝𝗮𝗸𝗮𝗿𝘁𝗮 yang telah membantu saya sembuh dari osteoarthritis. Seandainya saya mengetahui obat ini lebih awal, saya tidak akan menderita nyeri tulang dan sendi selama 7 tahun terakhir.
Sejak usia 40 tahun, saya mulai merasakan gejala penuaan tulang, asam urat, dan nyeri di seluruh persendian lengan dan kaki. Setiap kali cuaca berubah, persendian seringkali membengkak dan sulit digerakkan. Ketika saya sakit, saya sering harus menggunakan kursi roda, kesulitan berjalan, dan selalu membutuhkan seseorang untuk merawat saya. Saya pergi ke banyak tempat untuk berobat dan menggunakan banyak obat tetapi tidak membantu.
Bulan lalu, saya mengalami kejang dan harus menginap di rumah sakit semalaman. Dokter mengatakan penyakit tulang telah menyerang jantung saya. Setelah keluar dari rumah sakit, 𝗔𝗻𝘄𝗮𝗿 𝗦𝗮𝗺𝗵𝗮𝗿𝗶 menyarankan saya untuk menggunakan obat tulang dan sendi Amerika Perfectx di rumah. Dan yang mengejutkan, baru 1 bulan menggunakan obat pijat ini, kesehatan saya membaik secara signifikan, nyeri di lutut saya berkurang, bengkak di kaki saya berangsur pulih dan saya mulai bisa berjalan kembali seperti semula. Terima kasih Tuhan
Dokter 𝗔𝗻𝘄𝗮𝗿 𝗦𝗮𝗺𝗵𝗮𝗿𝗶 bilang salep Perfectx diimpor dari Amerika. Ini adalah obat pereda nyeri topikal yang sering diresepkan untuk digunakan pada kasus kerusakan tulang, sendi, tendon, otot, ligamen, asam urat… Kandungan terpenting dalam obat ini adalah bahan aktif Methyl Salicylate, ramuan obat ini memiliki sifat analgesik dan anti -efek inflamasi. Efeknya meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit dan efektif melawan radang sendi. Cukup oleskan pada area kulit yang terkena dan Anda akan langsung melihat hasilnya.
Banyak orang yang mengirimi saya SMS menanyakan di mana bisa membeli obat ini, tapi saya tidak bisa menjawab semuanya. Bagi yang menderita penyakit tulang dan sendi, keseleo atau asam urat, dan mempunyai saudara yang ingin membelinya, saya tinggalkan link beli obat dari RSIA Bunda Institute di bawah ini:
https://www.bunda[dot]asia/perfectx.id
(Ada diskon 60% untuk 99 pembeli pertama hari ini, perlu diketahui bahwa setiap nomor telepon hanya dapat membeli satu pesanan)”

Postingan ini mendapatkan lebih dari 1.400 reaksi, 100 Komentar dan 89 kali dibagikan.

Sumber: https://bit.ly/4dG0bt2 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang menampilkan Najwa Shihab yang tampak terbaring di rumah sakit dengan klaim bahwa dia dirawat karena penyakit tulang merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, foto Najwa Shihab yang terbaring di rumah sakit itu adalah foto pada tahun 2021 dan dirawat karena gangguan usus. Selain itu, akun Facebook yang menggunggah foto Najwa tersebut adalah akun palsu.

Berdasarkan hasil pencarian menggunakan fitur Bing Images, foto Najwa Shihab yang terbaring di rumah sakit tersebut dimuat di artikel berita berjudul “Opname di RS Tanpa Ditemani, Najwa Shihab Bagikan 10 Kiat yang Ia Lakukan untuk Habiskan Waktu” yang terbit di situs hipwee.com pada 7 Mei 2021. Di artikel ini, terdapat unggahan foto yang sama dari akun Instagram terverifikasi milik Najwa Shihab.

Foto ini diunggah pada 6 Mei 2021 dengan sebagian narasi sebagai berikut: “Terima kasih banyak untuk semua kiriman doanya ya teman2. Alhamdulillah hari ini sudah mulai membaik. Sisa lemas dan mual aja tapi kondisi lain seperti muntah dan diare sdh berkurang. Sakit di situasi pandemi, di kamar sendirian, gak bisa ditengok memang beda. Apalagi untuk mereka yang terpapar covid. Pasti jauh lebih berat. Sending all virtual hugs to all of you fighters out there.”

Sebelumnya pada tanggal 5 Mei 2021, Najwa Shihab mengunggah mengunggah foto lengan kirinya yang diinfus di dalam kamar perawatannya di sebuah rumah sakit dengan narasi: “Teman2, Rabu malam ini @matanajwa tdk tayang dulu. Sejak kemarin saya harus dirawat di RS karena gangguan usus. Titip saling mendoakan ya. Semoga kita semua selalu dilindungi, diangkat segala penyakit dan diberkahi kesehatan. Aamin ya Rabb.”

Selain itu, berdasarkan hasil pencarian di Facebook, akun Facebook terverifikasi milik Najwa Shihab adalah facebook.com/najwashihabofficial.

REFERENSI
https://www.hipwee.com/showbiz/najwa-shihab-dirawat/
https://www.instagram.com/p/COhE4lyDYtC/
https://www.instagram.com/p/COfOJW3DzCb/
https://www.facebook.com/najwashihabofficial

About Adi Syafitrah 1646 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo