[SALAH] Tangkapan Layar Artikel ANTARA “Warga Arab Saudi Sebut: Islam Indonesia mudah di Bodohi Oleh Habib-Habib Yang Tidak Jelas Asal Usul nya”

Hasil MANIPULASI. FAKTA: selain berdasarkan pencarian gambar (image search) TIDAK ditemukan kecocokan antara foto yang dimuat dengan artikel yang terbit menggunakan judul tersebut, telah diklarifikasi bahwa judul yang BENAR adalah “Bahasa Indonesia diminati warga Arab Saudi”. 

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi. 

SUMBER: X/Twitter https://x.com/Tita83079013/status/1836970421083869514, https://archive.ph/eACyJ (arsip cadangan). 

NARASI: * “Loh ..baru tahu ?  Maklum SDM rendxh” (di post). 

* “Warga Arab Saudi Sebut: Islam Indonesia mudah di Bodohi Oleh Habib-Habib Yang Tidak Jelas Asal Usul nya” (di tangkapan layar). 

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu” [1] 

SUMBER membagikan foto tangkapan layar hasil MANIPULASI. 

FAKTA: selain berdasarkan pencarian gambar (image search) TIDAK ditemukan kecocokan antara foto yang dimuat dengan artikel yang terbit menggunakan judul tersebut, telah diklarifikasi bahwa judul yang BENAR adalah “Bahasa Indonesia diminati warga Arab Saudi”. 

Verifikasi Foto 

Hasil pencarian foto (image search) yang dimuat di tangkapan layar artikel hasil MANIPULASI menggunakan Yandex Images. [2] 

Referensi Lainnya yang Berkaitan 

Klarifikasi oleh ANTARA pada 21 Sep 2024: “… Berdasarkan penelusuran, tidak ada berita ataupun artikel ANTARA yang berjudul seperti tangkapan layar tersebut. ANTARA menemukan foto serupa dengan tangkapan layar namun berjudul “Bahasa Indonesia diminati warga Arab Saudi”. …” [3] 

Artikel yang BENAR dengan foto yang sesuai, ANTARA pada 10 Jan 2019: “Jakarta (ANTARA News) – Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhammad Abdul Khak mengatakan minat warga Arab Saudi mempelajari bahasa Indonesia cukup tinggi. …” [4] 

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “antara warga arab saudi sebut”. [5] 

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan). 

[2] https://yandex.com/images/search?cbir_id=1021598%2FFvP2vutWazedwrtWr5fVIA6081&crop=0.2446%3B0.6135%3B0.9761%3B0.903&rpt=imageview&url=https%3A%2F%2Favatars.mds.yandex.net%2Fget-images-cbir%2F1021598%2FFvP2vutWazedwrtWr5fVIA6081%2Forig / https://ghostarchive.org/archive/br0Fm (arsip cadangan). 

[3] https://www.antaranews.com/berita/4348975/hoaks-artikel-antara-terkait-warga-arab-saudi-sebut-umat-islam-di-indonesia-mudah-dibodohi / https://archive.ph/phrc2 (arsip cadangan). 

[4] https://www.antaranews.com/berita/785926/bahasa-indonesia-diminati-warga-arab-saudi / https://archive.ph/nLNRg (arsip cadangan). 

[5] https://www.google.com/search?q=antara+warga+arab+saudi+sebut&tbm=nws / https://ghostarchive.org/archive/XUNQD (arsip cadangan).