[SALAH] Gibran Mundur Sebagai Cawapres

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut merupakan potongan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka yang sedang membacakan pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo di Rapat Paripurna DPRD Surakarta pada 17 Juli 2024.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten yang dimanipulasi

Beredar sebuah postingan oleh akun TikTok @caripropertyjogja yang menampilkan sebuah cuplikan video Gibran mengatakan akan mundur dari cawapres.

NARASI:
#GibranMundurTerpilih2024#GagalDilantik#CawapresGagalDilantik#AnakPresidenJokowi#fypage#fyppppppppppppppppppppppp#fyppppppppppppppppppppppp#WapresTerpilih2024#fyppppppppppppppppppppppp

Sumber: TikTok https://archive.ph/e6bXk Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video Gibra Rakabuming Raka yang diduga mengatakan akan mundur dari cawapres adalah tidak benar.

Video tersebut merupakan potongan dari unggahan YouTube “Tribun MedanTV”. Dalam keterangan pada video tersebut, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka sedang membacakan pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo di Rapat Paripurna DPRD Surakarta pada 17 Juli 2024.

Namun video tersebut justru diedit oleh oknum tak bertanggung jawab dengan cara dipotong pada bagian kalimat tertentu, sehingga seolah-olah Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjadi Wakil Presiden terpilih mundur dari jabatan.

Dengan demikian, video tersebut adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=I3AGa06_o7E