[SALAH] Detik² Mengerikan!! Badai Dahsyat Hantam Jakarta, Bekasi & Malang 24/09/2024, Semua Porak Poranda

Hasil periksa fakta Syifa Ainun.

Klaim yang menyatakan bahwa telah terjadi badai dahsyat yang menghantam Jakarta, Bekasi & Malang pada 24 September 2024 dan menyebabkan semua porak poranda adalah salah. Berdasarkan referensi tidak ada pernyataan serupa yang menguatkan bahwa telah terjadi badai pada ketiga daerah tersebut sampai menyebabkan porak poranda.

===========
[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========
[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/0eA5o-NfPeE

===========
[NARASI]:
DETIK² MENGERIKAN!! BADAI DAHSYAT HANTAM JAKARTA, Bekasi & Malang 24/09/2024, Semua Porak Poranda

===========
[PENJELASAN]:
Telah beredar sebuah video di channel YoutTube yang menyatakan bahwa telah terjadi badai dahsyat yang menghantam Jakarta, Bekasi & Malang pada 24 September 2024 dan menyebabkan semua porak poranda.

Berdasarkan dari hasil penelusuran, saat ini kondisi cuaca pada ketiga daerah tersebut cenderung kurang baik. Namun tidak ada pernyataan secara detail yang menyatakan bahwa cuaca tersebut berakibat pada porak porandanya ketiga daerah tersebut. Pada sumber referensi yang pertama yang termuat pada website Liputan 6 yang berjudul “Cuaca Hari Ini Selasa 24 September 2024: Jakarta Cerah Berawan, Tetangga Hujan Ringan”. Tidak terdapat pemberitaan mengenai Jakarta dan Bekasi yang mengalami badai.

Hal serupa juga terjadi di Malang. Pada sumber refereni kedua yang termuat dalam website jpnn.com yang berjudul “Cuaca Jawa Timur 24 September 2024, Pagi Gerimis, Siang-Malam Cerah Hingga Berangin” menyatakan bahwa tidak adanya pemberitaan yang menuliskan bahwa Malang mengalami badai dahsyat. Selain itu berdasarkan dari pemberitaan baik di website ataupun media sosial tidak ada pernyataan yang sama dengan klaim bahwa telah terjadi badai dahsyat yang menghantam Jakarta, Bekasi & Malang pada 24 September 2024 dan menyebabkan semua porak poranda.

===========
[REFERENSI] :
[1] https://www.liputan6.com/news/read/5709054/cuaca-hari-ini-selasa-24-september-2024-jakarta-cerah-berawan-tetangga-hujan-ringan?page=2
[2] https://jatim.jpnn.com/jatim-terkini/32316/cuaca-jawa-timur-24-september-2024-pagi-gerimis-siang-malam-cerah-hingga-berangin