[PENIPUAN] Akun TikTok Rano Karno Akan Bagikan 20jt Bagi yang Sudah Follow

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya setelah dideteksi dengan Hive Moderation, ditemukan angka sebesar 85,4% video tersebut memiliki probabilitas adalah deepfake yang dibuat dengan AI.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: TikTok

https://bit.ly/3TGDcH6

Arsip video: https://bit.ly/3XDL91e

= = =

Narasi:

“ingat ya saya berbagi bukan karna politik”

“Halo assalamualaikum, saya Rano Karno alhamdulillah hari ini saya berbagi di tiktok bagi siapa saja yang melihat video saya jangan di skip, mungkin ini rezeki Anda 20 juta untuk Anda yang sudah follow, tekan tanda hati dan panah ini resminya, bukan karena politik.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah akun TikTok yang mengklaim merupakan milik Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 3, Rano Karno dengan username @ranokarno.id membagikan video yang menyebut bahwa dirinya membagikan rezeki sebesar 20 juta bagi yang sudah follow akun TikTok tersebut.

Hingga artikel ini dibuat postingan tersebut telah mendapatkan puluhan ribu likes dan banyak yang mempercayainya pada kolom komentar. Pada kolom komentar, akun tersebut meminta untuk dihubungi melalui WhatsApp yang tertera pada bio akunnya.

Namun setelah dideteksi dengan Hive Moderation, video tersebut memiliki probabilitas sebesar 85,4% merupakan video deepfake yang dibuat dengan AI.

Postingan semacam ini merupakan modus penipuan, ciri-cirinya korban diminta untuk menghubungi terlebih dahulu secara private seperti melalui WhatsApp. Agar tidak menjadi korban penipuan, masyarakat dihimbau untuk tidak mengikuti instruksi yang diberikan, apa lagi sampai memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak dikenal yang tidak dapat dipercaya.

Dengan demikian, akun TikTok Rano Karno bagikan 20 juta adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

https://hivemoderation.com/ai-generated-content-detection (Arsip: https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/09/deteksi-AI-akun-tiktok-Rano-Karno-bagikan-uang-20jt.pdf)

= = =