[SALAH] Bambang Pamungkas Bongkar Skenario Busuk Hancurkan Timnas Indonesia

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya dalam video versi panjang dari Bambang Pamungkas (Bepe) dari video tersebut, tidak ada konteks Bepe membongkar skenario busuk untuk hancurkan Timnas Indonesia.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: YouTube

https://bit.ly/3XUVhns

= = =

Narasi:

“Bp bongkar Kebusukan orang2 Yang ingin hancurkan Timnas Indonesia. Ancaman dari BP Jangan Macam2 Kalian Dengan orang bola”

“GEGERKAN DUNIA!!! Bepe Akhirnya Bongkar Scenario Busuk Hancurkan Timnas Indonesia”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di YouTube membagikan video dengan narasi pada judul dan thumbnail bahwa pemain senior Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas yang juga akrab disapa Bepe disebut-sebut membongkar skenario busuk untuk hancurkan Timnas Indonesia. Disebutkan juga bahwa Bepe mengancam mereka agar tidak macam-macam dengan orang bola.

Setelah ditelusuri dengan mencari kata kunci di Google, ditemukan video asli versi panjang dari Bepe yang digunakan dalam video tersebut. Setelah diperhatikan tidak ada konteks Bepe membongkar skenario busuk untuk hancurkan Timnas Indonesia.

Dalam video yang diunggah pada saluran YouTube pribadinya sejak 26 Agustus 2022 tersebut, pernyataan Bepe lebih bersifat reflektif dan kritis terhadap perkembangan sepak bola Indonesia, khususnya terkait fenomena local pride, naturalisasi pemain, dan peran serta tanggung jawab berbagai pihak dalam ekosistem sepak bola, seperti pemerintah, federasi, klub, pelatih, pemain, dan masyarakat.

Sebaliknya, Bepe menekankan bahwa perdebatan mengenai local pride seharusnya dipandang sebagai kritik membangun agar bisa memperbaiki diri. Ia menyoroti masalah ketidakadilan dan tantangan yang dihadapi oleh pemain lokal, namun tetap mengajak agar semua pihak fokus pada pengembangan yang lebih baik, bukan pada pertentangan antara pemain lokal dan asing. Tidak ada pernyataan yang bersifat mengancam dalam video yang dibuat Bepe tersebut.

Dalam video versi panjang yang menampilkan Nuroji, anggota Komisi X DPR-RI dari Fraksi Partai Gerindra, saat rapat bersama Menpora membahas naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers, ia mengatakan bahwa penggunaan pemain naturalisasi tidak bisa menjadi solusi jangka panjang.

Nuroji juga meminta agar Kemenpora dan PSSI segera menemukan formula untuk meningkatkan kualitas individu pemain sepak bola dalam negeri untuk jangka panjang. Dalam pernyataannya juga tidak terdapat narasi yang bersifat untuk menghancurkan Timnas Indonesia.

Kemudian terkait video Rocky Gerung, seperti yang diberitakan oleh saluran YouTube tvOnenewscom, disebutkan bahwa Rocky menyampaikan pandangan bahwa banyaknya pemain naturalisasi mencerminkan kurangnya kepercayaan terhadap kemampuan pemain lokal. Ia juga menilai bahwa terdapat masalah yang lebih mendalam, yaitu ketidakpercayaan pada pembinaan pemain lokal.

Menurutnya perlu ada perhatian khusus terkait masa depan pembinaan sepak bola lokal di tengah keberhasilan jangka pendek yang dicapai dengan bantuan pemain naturalisasi. Pernyataan Rocky Gerung ini menekankan pada pentingnya pembinaan pemain lokal dan memastikan bahwa kebijakan naturalisasi tidak mengabaikan pengembangan talenta lokal. Kritikannya tidak bertujuan untuk merusak Timnas Indonesia itu sendiri.

Dengan demikian, klaim Bepe bongkar skenario busuk hancurkan Timnas Indonesia adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20240919075114-142-1145869/anggota-dpr-tak-bangga-timnas-indonesia-naturalisasi-bukan-akamsi

= = =