[SALAH] Jakarta Jebol! Banjir Besar Sapu Jabodetabek dan Bandung

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim mengenai banjir besar sapu Jabodetabek dan Bandung hingga Jakarta jebol adalah tidak benar. Faktanya banjir yang terjadi hanya mengakibatkan 1 RT di Kelurahan Lubang Buaya, Jakarta Timur terendam banjir dengan ketinggian 90 cm.  

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/hc3l7zHkycY  (arsip)

===========

[NARASI]: “JAKARTA JEBOL !! BARU SAJA BANJIR BESAR SAPU JABODETABEK DAN BANDUNG HARI INI, SEMUA TERSAPU”

===========

[PENJELASAN]: 
Pada 26 September 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim banjir besar sapu Jabodetabek dan Bandung hingga Jakarta jebol. 

Namun, setelah disimak isi dan video berbeda dengan judul yang diangkat. Narator dalam video hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Kumparan yang berjudul “Banjir Jakarta: 7 RT Sempat Tergenang, Pohon Tumbang Timpa Mobil”. 

Dilansir dari Kumparan, hujan lebat yang melanda Jakarta pada Rabu (25/9) sore mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir. Kepala Pelaksana BPBD Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan banjir paling tinggi terjadi di Kelurahan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Ada 1 RT yang terendam banjir dengan ketinggian 90 cm. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan banjir sapu Jabodetabek dan bandung adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://kumparan.com/kumparannews/banjir-jakarta-7-rt-sempat-tergenang-pohon-tumbang-timpa-mobil-23awMlUg2js/1