[SALAH] Gudang Penyimpanan Uang Gibran Ditemukan Oleh KPK

Periksa Fakta Sukma

Faktanya, narasi yang disampaikan di dalam video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul dan thumbnail video. Sehingga, informasi mengenai penemuan Gudang penyimpanan uang Gibran oleh KPK tidaklah benar.
=====

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: Youtube (https://ghostarchive.org/varchive/P-gyFcPP_hE)

=====

[NARASI]
BERITA TERKINI ~ GUDANG PENYIMPANAN UANG GIBRAN DI TEMUKAN.?? ~ KABAR AKURAT
=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun youtube dengan nama Kabar Akurat mengunggah sebuah video pada 25 September 2024 dengan klaim bahwa KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) telah menemukan gudang penyimpanan uang milik Gibran Rakabuming Raka selaku Wakil Presiden Terpilih Indonesia.

Namun, ketika disimak lebih lanjut, narasi di dalam video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan oleh pengunggah. Dalam video berdurasi 4 menit 55 detik tersebut, pengunggah justru menyampaikan perihal seorang anak kecil berusia 9 tahun yang berteriak menyampaikan aspirasinya kepada Gibran mengenai pemberantasan korupsi yang harus lebih digiatkan lagi di NDC Central Park, Jakarta Barat. Narasi tersebut sama persis dengan artikel yang dirilis oleh kompas.com pada 11 Desember 2023 lalu.

Hingga saat ini, tidak ditemukan informais resmi yang dkeluarkan oleh KPK maupun pihak terkait lainnya mengenai penemuan gudang penyimpanan uang milik Gibran.
=====

Referensi:
[1] https://nasional.kompas.com/read/2023/12/11/22225401/ketika-bocil-9-tahun-teriak-ke-gibran-korupsi-tuh-diberantas-judi-jangan