[SALAH] Video Ikan Mati di Pantai Klara Kabupaten Pesawaran September 2024

Hasil periksa fakta Rahmah.

Waktu kejadian salah. Video tersebut benar terjadi namun bukan di tahun 2024 melainkan tahun 2023 dan tidak berkaitan dengan isu bencana.

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

SUMBER: FB
https://ghostarchive.org/archive/DNz7J

NARASI:
Fenomena di pantai Klara, bnyak ikan mater terdampar di pinggir pantai

PENJELASAN:
Ada sebuah video beredar menayangkan ratusan ikan mati berada di pesisir Pantai Klara, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Video tersebut tersemat narasi sebagai berikut:
“banyak ikan terdampar dan mati di pantai Klara kabupaten pesawaran Lampung semoga lampung baik2 jauh dari bencana amin”

Faktanya kejadian tersebut terjadi pada tahun 2023 bukan di tahun 2024. Dilansir dari Tribata News, Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy telah melakukan pengecekan ke lokasi tersebut dan tidak sesuai dengan narasi yang beredar.

Kapolres Pesawaran mengatakan dalam video merupakan ikan jenis pepetek yang dibuang oleh bagan-bagan pencari ikan karena nilai jual yang sangat murah sekitar Rp3 ribu per basket dan tidak berkaitan dengan isu bencana.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat berhati-hati dalam menyebarkan luaskan informasi dan tidak mudah terpengaruh oleh berita yang belum pasti kebenarannya.

Dapat disimpulkan video ikan mati di pesisir Pantai Klara, Kabupaten Pesawaran pada September 2024 adalah betul namun tahun kejadian salah, sehingga termasuk konteks yang salah.

REFERENSI:
https://tribratanews-respesawaran.lampung.polri.go.id/detail-post/pihak-kepolisian-resor-pesawaran-bantah-kabar-video-viral-di-pantai-klara-ini-penjelasannya


https://rilis.id/Peristiwa/Berita/Viral-Video-Ribuan-Ikan-Mati-di-Pesisir-Kabupaten-Pesawaran-Polres-Itu-Hoax-xjwZqZR