[SALAH] Gibran Gagal Dilantik Karena Anies Bongkar Hal Ini ke Mulyono

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan bukti valid bahwa Gibran gagal dilantik karena Anies membongkar sesuatu. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi.
=======
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi
=======
[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/GPdzHkn5M6M
=======
[NARASI]:
GIBR4N BISA G4G4L DIL4NTIK KARENA ANIES B0NGKAR HAL INI DARI MULY0NO ? – BERITA TERBARU

=======
[PENJELASAN]:
Sebuah channel Youtube bernama InfotamaNews pada tanggal 23 September 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Gibran gagal dilantik karena Anies membongkar sesuatu dari Mulyono. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi mengibarkan bendera berlambang PKI. Ditambah dengan narasi “PKI KEMBALI BANGKIT, BERBAHAYA, JOKOWI TAMPAKKAN GAYA BARU KOMUNIS”.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail tersebut hanya editan semata. Dilansir dari tempo.co, gambar yang menampakkan Jokowi berdiri sambil mengangkat tangan  tersebut merupakan foto kampanye akbar Jokowi di GBK tahun 2019. Foto tersebut telah diedit dengan menambahkan bendera berlambang PKI sehingga seolah-olah dikibarkan Jokowi.

Selain itu narator hanya membacakan artikel milik Kompas.com dengan judul “Ketika Bocil 9 Tahun Teriak ke Gibran “Korupsi Tuh Diberantas, Judi Jangan Cuma Diungkap”. Mengenai klaim Gibran gagal dilantik karena Anies, tidak ditemukan bukti kredibel terkait hal tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

=======
[REFERENSI]:
https://nasional.kompas.com/read/2023/12/11/22225401/ketika-bocil-9-tahun-teriak-ke-gibran-korupsi-tuh-diberantas-judi-jangan
https://bisnis.tempo.co/read/1195428/di-kampanye-akbar-jokowi-singgung-prestasi-ekonomi-ri