[PENIPUAN] Lowongan Kerja PT Brantas Abipraya (Persero)

Periksa Fakta Sukma

Faktanya, akun tersebut bukanlah akun resmi milik PT Brantas Abipraya.  Sehingga, informasi lowongan pekerjaan tersebut tidaklah benar.

=====
[KATEGORI]: Konten Tiruan

=====
[SUMBER]: Facebook (https://ghostarchive.org/archive/AhcGS)

=====
[NARASI]

REKRUTMEN BERSAMA BUMN
RESMI BUKA, 110 BUMN menyediakan 2000+ lowongan pekerjaan, terbuka minimal SMA/SMK, D3, S1, (Silahakan Klik Linknya)
http://infolokerptbrantasabipraya[dot]berlyy[dot]com/
Pertimbangkan dengan seksama pilihanmu, lengkapi persyaratan terbaikmu dan asah terus kemampuan. Optimis kamu siap mengikuti seluruh rangkaian proses RBB.
Jaga kesehatan dan jangan lupa untuk selalu berdoa, meminta restu dari orang tua ya!

=====
[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama LOKER BUMN (https://www.facebook.com/profile.php?id=61565333912225) pada 7 September 2024 mengunggah sebuah postingan dengan mengatasnamakan PT Brantas Abipraya (Persero). Postingan tersebut berisikan pembukaan lowongan kerja PT Brantas Abipraya Rekrutmen Bersama BUMN. Namun, link pendaftaran yang disertakan dalam postingan tersebut tidak mengarahkan pada laman pendaftaran lowongan kerja PT Brantas Abipraya (Persero).

Setelah ditelusuri lebih lanjut, akun tersebut bukanlah akun resmi milik PT Brantas Abipraya. PT tersebut hanya memiliki 1 akun facebook yakni PT Brantas Abipraya – Persero (https://www.facebook.com/ptabipraya). Perusahaan tersebut pun dalam akun instagram resminya (https://www.instagram.com/brantasabipraya/) telah mengunggah sebuah postingan yang berisikan himbauan kepada para masyarakat agar tidak tertipu pada lowongan kerja yang disebarluaskan oleh akun media sosial yang tidak bertanggung jawab dan menegaskan bahwa informasi mengenai rekrutmen PT Brantas Abipraya (Persero) hanya dapat diakses selalui akun resmi perusahaan serta website resminya.

Selain itu, pengunggah menggunakan poster rekrutmen PT Brantas Abipraya (Persero) yang dibuka pada 24 Februari 2024 dan lowongan pekerjaan tersebut telah ditutup pada 21 Maret 2024. Sehingga, dapat dipastikan tautan yang disertakan dalam postingan tersebut adalah upaya scamming yang dilakukan oleh pengunggah kepada masyarakat.

=====
Referensi:
[1] https://www.facebook.com/ptabipraya
[2] https://www.instagram.com/brantasabipraya/
[3] http://rekrutmen.brantas-abipraya.co.id
[4] https://www.instagram.com/p/C26WaEhvu2o/?igsh=eGM4eWVpMXI3OTVx
[5] https://www.instagram.com/p/C3t-QvZp5eb/?igsh=bjJvZG05bWplZm5k