[SALAH] Joel Piro Pindah Negara Dan Bisa Bela Timnas Indonesia

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidaklah benar pernyataan tersebut. Narator dalam video hanya membacakan artikel yang ditemukan di laman http://bola.okezone.com yang memuat tentang asal usul Joel Piroe. Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa Joel Piro tidak memiliki darah Indonesia.

====
[KATEGORI] Konten palsu

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/7OHCOYuhBcw

====
[NARASI]
SEMUA TERKEJUT !! JOEL PIROE RESMI PINDAH NEGARA TANGIS HARU SANG ISTRI JOEL PIROE BISA BELA TIMNAS

====
[PENJELASAN]
Beredar sebuah unggahan di Youtube mengatakan bahwa pemain sepak bola asal Belanda telah resmi pindah negara ke Indonesia sehingga bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Video ini diunggah oleh akun Youtube bernama Media Sport pada 23 September 2024.

Setelah dilakukan penelusuran ternyata pernyataan tersebut tidaklah benar. Narator dalam video tersebut berbicara mengenai pemain Leeds United, Joel Piroe yang dikabarkan memiliki darah Indonesia. Pemeriksa fakta kemudian mencari pernyataan yang disampaikan narator di internet dan menemukan di laman http://bola.okezone.com. Artikel ini berjudul “Apakah Penyerang Leeds United Joel Piroe Punya Darah Indonesia dan Bisa Perkuat Timnas Indonesia?”. Setelah dibaca, ternyata dalam artikel ini tertulis pemain Leeds United tersebut tidak memiliki darah Indonesia melainkan Belanda dan Suriname.

Dengan demikian tidaklah benar pernyataan yang mengatakan bahwa Joel Piroe resmi pindah negara dan bisa membela Timnas Indonesia.

====
[REFERENSI]
https://bola.okezone.com/amp/2024/09/12/51/3062137/apakah-penyerang-leeds-united-joel-piroe-punya-darah-indonesia-dan-bisa-perkuat-timnas-indonesia