[PENIPUAN] Program Bantuan BPJS 2024 Sebesar Rp25 Triliun Untuk Masyarakat di Seluruh Indonesia

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya BPJS secara resmi tidak pernah menyebarkan informasi tersebut. Klaim dengan narasi dan gambar yang mirip sebelumnya telah dibantah kebenarannya oleh Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3ZwQeek

= = =

Narasi:

PROGRAM BANTUAN BPJS 2024

PEMERINTAH RI. MENGELUARKAN DANA BANTUAN BPJS Rp, 25 TRILIUN.. UNTUK MASYARAKAT DI SELURUH INDONESIA

untuk menerima dana bantuan anda  ketik B2257JS kirim ke whatsApp

Penanggung Jawab: Drs.Muh.Bakri.Msi

Whatsapp:

https://wa[dot]me/+6285757470042”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan Facebook membagikan informasi yang menyebut bahwa BPJS sedang mengadakan program bantuan sebesar Rp15 triliun bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Setelah ditelusuri BPJS secara resmi tidak pernah menyebarkan informasi tersebut. Postingan semacam ini merupakan modus penipuan, di mana calon korban diarahkan untuk mengirimkan kode kepada kontak yang diberikan.

Pemeriksa Fakta Mafindo pada Maret lalu juga telah membantah klaim dengan narasi dan gambar yang serupa. Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati terhadap konten tiruan semacam ini agar tidak tergiur dan mengikuti instruksi yang diberikan agar tidak menjadi korban penipuan. Hindari juga memberikan data-data yang bersifat rahasia kepada pihak yang tidak dipercaya.

Dengan demikian, BPJS mengadakan program bantuan Rp25 triliun bagi seluruh masyarakat Indonesia adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

= = =