[SALAH] Gibran Tidak Bisa Bedakan Takbir dan Adzan

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video Gibran tidak bisa membedakan takbir dan adzan merupakan hoaks. Faktanya, video asli bukan menampilkan wajah Gibran, hoaks tersebut juga sudah tersebar di media sosial Facebook dan X.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1726298922.46098/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Gibran ketika bayinya lahir bukan adzan tapi takbiran 🫣🤣🤣🤣 #fypシviral #fyppppppppppppppppppppppp”
“Wapres terpilih ber agama islam tapi tdk paham mana Takbir dan mana Adzan…? Tak punya ilmu baik dunia maupun agama. Apa yg akan dibanggakan. 😅😂😢😀😀👎👎”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok teh.naya.lis3 memposting video berdurasi 20 detik yang menampilkan Gibran yang sedang menggendong bayi. Dalam video yang berdurasi 20 detik tersebut nampak Gibran tengah bersuara takbir, selang berapa detik terdengar suara perempuan “itu takbiran bang, adzan bukan takbiran”. Terdapat juga narasi pada video yang mengatakan Wapres terpilih Gibran tidak paham membedakan Takbir dan Adzan.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “Gibran tidak bisa membedakan Takbir dan Adzan” ditemukan hasil bahwa video tersebut merupakan hoaks yang sudah tersebar di beberapa media sosial. Melansir dari website turnbackhoax.id video tersebut juga beredar di Facebook dan X. Video tersebut merupakan hasil rekayasa AI. Jika diperhatikan gerak mulut dan wajah tidak sinkron dengan suara yang dikeluarkan serta gerak mata/bagian mata terlihat tidak nyata.

Video yang mirip di postingan X @ihwanulmuslimi4 laki-laki yang sedang mengumandangkan takbir bukan Gibran. Jika diperhatikan antara audio dan gerakan mulut juga lebih sinkron.

Dengan demikian video Gibran tidak bisa membedakan takbir dan adzan merupakan hoaks. Video asli bukan menampilkan wajah Gibran, hoaks tersebut juga sudah tersebar di media sosial Facebook dan X, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2024/09/09/salah-video-gibran-tidak-bisa-membedakan-adzan-dan-takbir/
https://turnbackhoax.id/2024/09/02/salah-video-gibran-menyerukan-takbir-untuk-seorang-bayi/