[SALAH] Honda Tutup Pabrik di Indonesia Tahun Depan

Hasil periksa fakta Shafina.

Faktanya, isu-isu terkait penutupan pabrik Honda di Indonesia tidaklah benar. Penutupan pabrik Honda di Thailand akibat restrukturisasi produksi tersebut tidak berdampak terhadap aktivitas pabrik Honda di Indonesia.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/sACWN

===========

[NARASI]:
“Pabrik Honda Tutup Tahun Depan.
Honda mengumumkan akan menutup salah satu pabriknya di Indonesia tahun depan. Keputusan ini diambil karena penurunan penjualan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Alasan Penurunan Penjualan
Penurunan permintaan pasar dan persaingan ketat menjadi penyebab utama penurunan penjualan. Honda mengalami kesulitan untuk mempertahankan pangsa pasarnya di tengah perubahan preferensi konsumen.”

===========

[PENJELASAN]:
Sebuah akun tiktok Zainurrohman5 mengunggah video pada 13 Juli 2024 dengan narasi penutupan pabrik Honda di Indonesia pada tahun depan (2025). Dalam video tersebut juga mengklaim bahwa alasan penutupan pabrik ini akibat penurunan permintaan pasar dan persaingan ketat. Sumber asli dari video tersebut berasal dari akun Instagram @andreaautopage serta sudah menghapus postingan tersebut dan meminta maaf.

Dilansir dari kompas.com, Direktur Penjualan dan Pemasaran dan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, menyatakan bahwa isu penutupan pabrik Honda tersebut tidak valid. Pemberitaan tutupnya pabrik Honda di Thailand berdampak pada terpaan-terpaan berita miring bahwa pabrik di Indonesia akan mengikuti jejaknya. Akan tetapi, perubahan pabrik di Thailand tersebut tidak berdampak terhadap aktivitas pabrik Honda di Indonesia yang masih akan beroperasi seperti biasa.

Pada kenyataannya, pabrik-pabrik Honda yang diresmikan di Karawang pada 2003 dan 2014 tersebut telah mencapai satu juta ton produksi di Karawang. Pihak honda-indonesia.com juga mengklaim bahwa penjualan Honda pada bulan April 2024 telah meningkat sebesar 19% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya karena peningkatan permintaan konsumen.

Oleh karena itu, klaim mengenai pabrik Honda yang akan tutup di tahun depan akibat penurunan penjualan merupakan informasi yang keliru dan tidak valid.

===========

 [REFERENSI] :
https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/13/082200515/honda-tanggapi-isu-mau-tutup-pabrik-di-indonesia-menyusul-thailand
https://www.honda-indonesia.com/news/didukung-permintaan-pada-periode-lebaran-penjualan-honda-di-bulan-maret-2024-meningkat-19-dibandingkan-bulan-sebelumnya
https://www.instagram.com/p/C9Zd26CSa21/

theme: business, tools: video, sc: tiktok, tc: fear, fu: fc, evidences: video, scope: domestic, actor: Corporation

Sumber asli: https://www.tiktok.com/@zainurrohmah5/video/7390973828186262789?_r=1&_t=8oaqHk4n4Nj