[SALAH] TV One News: “PM Timor Leste Klaim Suara TOA Di NegaraNya Sangat Berisik dan Akan Dimusnahkan bila tidak bisa diatur volumenya”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. TV One News tidak pernah mengunggah berita demikian dan PM Timor Leste tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/WbRVo

=====

Narasi:
“PM Timor Leste Klaim: Suara “TOA” Di NegaraNya Sangat Berisik dan Akan dimusnahkan bila tidak bisa diatur volumenya”.

“Ya musnahkan ajalah TOA.. brisik & mengganggu.
Kalo dibiarkan terus.. Nanti kuping jadi congek.. Subhanaallah”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @ProfOnline_id mengunggah tangkapan layar berita TV One News yang bertuliskan PM Timor Leste akan memusnahkan toa-toa masjid yang mengganggu dan apabila tidak bisa diatur volumenya. Cuitan dan foto yang diunggah pada 28 Juli tersebut telah disukai 292 orang, dikutip dan dibagikan ulang 43 kali, serta telah dilihat 17,300 kali.

Ketika memasukkan judul berita tersebut di search bar web resmi TV One News, tidak ditemukan artikel dengan judul demikian. Bahkan ketika memasukkan keyword “PM Timor Leste klaim suara Toa di negaranya berisik” di pencarian Google, tidak ditemukan berita resmi atau klaim PM Timor Leste yang membahas mengenai Toa masjid di negaranya.

Setelah menelusuri gambar tersebut dengan Google Lens, ditemukan gambar serupa yang juga digunakan oleh pengguna Twitter lain bernama @SammiSoh. Akun Twitter tersebut sebelumnya pernah menyebar hoaks yang berbau Islamofobia mengenai panitia PON Aceh yang memaksa salah satu atlit untuk memakai hijab.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @ProfOnline_id merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.tvonenews.com/cari?q=PM%20Timor%20Leste%20Klaim:%20Suara%20%E2%80%9CTOA%E2%80%9D%20Di%20NegaraNya%20Sangat%20Berisik%20dan%20Akan%20dimusnahkan%20bila%20tidak%20bisa%20diatur%20volumenya%E2%80%9D.


https://www.google.com/search?q=PM+Timor+Leste+klaim+suara+Toa+di+negaranya+berisikra+Toa+di+negaranya+berisik

https://turnbackhoax.id/2024/09/11/salah-panitia-pon-aceh-memaksa-atlit-muaythai-untuk-memakai-hijab-sebelum-pertandingan/