[SALAH] Video “Misa Umat Katolik Bersama Bapak Paus Fransiskus di GBK”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan momen saat perayaan Natal Tiberias 2023 di GBK yang diadakan oleh Gereja Tiberias Indonesia (GTI). GTI sendiri merupakan salah satu sinode gereja Kristen Protestan di Indonesia, sehingga dapat dipastikan pelaksanaan dalam video tersebut bukan ibadah dari umat Kristen Katolik.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Instagram

https://archive.ph/HXXTr

= = =

Narasi:

“Misa Umat Katolik Bersama Bapak Paus Fransiskus Di GBK”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video yang diklaim merupakan momen pada saat perayaan misa umat Kristen Katolik bersama Paus Fransiskus di GBK. Seperti yang diketahui dari Tempo.co, misa akbar yang dipimpin oleh Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik dan dihadiri oleh lebih dari 86.000 umat Katolik tersebut dilaksanakan di GBK pada 5 September 2024.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id yang juga disadur dari AFP, diketahui bahwa video tersebut merupakan momen saat perayaan Natal Tiberias 2023 di GBK.

Dilansir dari AntarNews, perayaan Natal Tiberias 2023 di GBK diadakan oleh Gereja Tiberias Indonesia (GTI). Kemudian, diketahui dari detak.co, GTI sendiri merupakan salah satu sinode gereja Kristen Protestan di Indonesia.

Sehingga dapat dipastikan bahwa perayaan natal dalam video tersebut juga tidak ada kaitannya dengan umat Kristen Katolik seperti yang disebutkan dalam video.

Dengan demikian, video misa umat Katolik bersama Paus Fransiskus di GBK adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://nasional.tempo.co/read/1912642/ini-susunan-acara-misa-akbar-paus-fransiskus-di-gbk

https://www.antaranews.com/berita/3863814/200-ribu-umat-hadiri-perayaan-natal-gereja-tiberias-di-gbk

https://detak.co/kategori/megapolitan/gereja-tiberias-indonesia-salah-satu-gereja-pentakostal-karismatik-terbesar-di-jakarta

= = =