[SALAH] Video Seorang Pria Menemukan UFO di Sungai Citarum

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video aslinya dibuat oleh pembuat konten Vietnam, yang merupakan video tutorial membuat UFO, bukan seorang pria yang menemukan UFO di sungai Citarum.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/OJk7F

=====

Narasi:
“Seorang pemuda alias ( si budak leweng ) ini merasa kaget tetiba menemukan pesawat UFO yang jatuh di sungai citarum.

Karena kaget & penasaran, si budak leweng ini coba mendekati & karena tidak ada orang di dalamnya.

Akhirnya dia menggunakannya utk menyusuri sungai citarum”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @ProfOnline_id mengunggah video yang menunjukkan seorang pria menemukan UFO besar di sebuah sungai, dan diklaim oleh @ProfOnline_id sebagai penemuan UFO di Citarum. Pengguna Twitter tersebut juga mengklaim bahwa pria di video itu kemudian menggunakan UFO temuannya untuk menyusuri sungai Citarum. Cuitan dan video yang diunggah pada 16 September tersebut hingga saat ini telah mendapatkan 1,400 likes, dikutip dan dibagikan ulang 236 kali, serta telah dilihat 369,000 kali.

Setelah menelusuri video tersebut, ditemukan video yang sama persis dengan versi yang lebih lengkap di YouTube. Video tersebut berdurasi 1 jam dengan judul “How I Created My Own UFO When I Saw It in My Dreams” yang diunggah oleh “MR HO THANH CHE” pada 14 September. Bagian yang sama persis seperti yang diunggah @ProfOnline_id terlihat pada menit ke 58:10 di video “MR HO THANH CHE” tersebut.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @ProfOnline_id adalah konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=tQ1nMJDWj3I