[PENIPUAN] Michael Bambang Hartono Janjikan Bantuan 50 Juta 

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, setelah dilakukan pengecekan suara dengan Hive Moderation, 99,1% suara dalam video tersebut merupakan hasil buatan AI. Video asli Bambang Hartono juga membahas mengenai olahraga bridge. 
=====    

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/8TmSi

=====    

Narasi   
Di pwolo udah di share ach,  siapa tau di transfer oleh BPK, bambang hartono dapat uang 50 juta :smirk: iya pak, gak pake foya-foya kok tapi aku pake buat modal kawin pak. :grin::grin:


=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Pemeriksa Fakta Kompas. 
Sebuah akun facebook bernama Mahesa Alun mengunggah sebuah postingan di facebook mengenai bantuan yang diberikan oleh Michael Bambang Hartono senilai 50 juta. Postingan tersebut telah diunggah pada 11 September 2024. 

Dilansir dari kompas.com, video tersebut mirip dengan unggahan pada kanal youtube kumparan dengan judul “Bambang Hartono : Bonus Perunggu Saya Kembalikan Untuk Kembangkan Bridge Indonesia | Bincang Kumparan”. Unggahan youtube tersebut juga terunggah pada 30 Agustus 2018. Dari baju dan lanyard yang dipakainya terlihat identik dengan video facebook tersebut.

Video tersebut direkam pada tahun 2018 setelah Michael Hartono mendapatkan medali perunggu di cabang olahraga bridge pada Asian Games 2018. Saat itu, Hartono menyatakan bahwa ia mengembalikan bonus medali perunggu dari pemerintah untuk mendukung pengembangan olahraga bridge di Indonesia. 

Kemudian, dilakukan juga penelusuran pada suara yang terdapat dalam video tersebut menggunakan Hive Moderation. Hasil menunjukkan 99,1% telah dibuat dengan AI. Sehingga, video tersebut kemungkinan besar merupakan sebuah editan dengan menambahkan konten deep fake pada foto atau video Michael Hartono. 
=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/23/194000182/-hoaks-michael-bambang-hartono-bagikan-rp-50-juta-di-medsos