[PENIPUAN] Akun Tiktok @giveaway.baim.wonq Berisi Konten Giveaway

Periksa Fakta Vania
Faktanya, akun tersebut bukanlah akun resmi milik Baim Wong. Akun tersebut hanya berisi beberapa konten mengenai giveaway berupa uang dengan jumlah puluhan juta rupiah dan  disertai sebuah link WhatsApp yang dicurigai sebagai modus penipuan online.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: TikTok
https://archive.ph/8Mq67

===========

[NARASI]:
yang sudah tangkap gambar silahkan ambil
hadiah Bosque di bawah ini

:point_down:
:point_down:
:point_down:
:point_down:
:point_down:

wa[dot]me/message/2E2ENWNF…

===========

[PENJELASAN]:

Ditemukan sebuah akun tiktok yang mengatasnamakan Baim Wong dengan nama @giveaway.baim.wonq. Akun tersebut sudah memiliki kurang lebih 19 ribu pengikut, 114 ribu suka, bahkan video yang diunggah mencapai jutaan penonton dengan konten berisi giveaway uang senilai puluhan juta rupiah dengan syarat games tangkap gambar. Pada bio akun tersebut juga mencantumkan sebuah link WhatsApp yang patut dicurigai sebagai modus untuk melakukan penipuan secara online.

Sebelumnya, http://turnbackhoax.id juga sering membahas unggahan serupa tentang adanya akun yang mengatasnamakan Baim Wong sedang mengadakan giveaway. Akun resmi Baim Wong bernama @baimwong yang sudah terverifikasi oleh TikTok dengan kurang lebih 16 juta pengikut, dan tentu tidak mencantumkan nomor WhatsApp di dalamnya.

Kemudian dalam akun resmi tiktok Baim Wong tersebut juga tidak terdapat informasi mengenai giveaway tangkap gambar. Dalam akun resmi instagram Baim Wong juga sering menghimbau kepada masyrakat untuk tetap berhati – hati dengan penipuan yang mengtasnamakan dirinya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa akun tersebut merupakan akun tiruan dan unggahan yang menampilkan Baim Wong mengadakan giveaway senilai puluhan juta tidaklah benar dan dapat diindikasikan sebagai penipuan.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.tiktok.com/@baimwong
https://www.instagram.com/reel/C81neyKy_Rs/?igsh=bnNqN295eDBlbzcy
https://turnbackhoax.id/2024/07/17/penipuan-baim-wong-kirimkan-uang-50-juta-dengan-permainan-tangkap-gambar/