[SALAH] Artikel Berjudul Ustadz Abdul Somad Sebut Dirinya Setara dengan Paus Fransiskus

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Tidak ada berita atau rekam jejak Ustadz Abdul Somad mengatakan dirinya setara dengan Paus Fransiskus. Foto yang digunakan di tangkapan layar tersebut juga diambil dari artikel  berita yang sudah terbit pada 2021.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/g8oyy

=====

Narasi:
“Oooh iya antum sangat betul ustadz.. Masyaallah”.

“Ustadz Abdul Somad Sebut : Diri Nya Setara Dengan Paus Fransiskus”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @ProfOnline_id mengunggah tangkapan layar sebuah berita yang berjudul “Ustadz Abdul Somad Sebut : Diri Nya Setara Dengan Paus Fransiskus” dan terdapat tulisan ‘2024’ sebagai tahun diterbitkannya berita tersebut. Cuitan dan tangkapan layar yang diunggah pada 12 September 2024 itu telah disukai 227 orang, dikutip dan dibagikan ulang 49 kali, serta telah dilihat 25,800 kali.

Setelah memasukkan judul berita itu sebagai keyword pencarian di Google, tidak ditemukan artikel dengan judul demikian. Namun, terdapat satu video YouTube yang berisi seorang pembuat konten memberikan reaksi terhadap tangkapan layar yang sama seperti yang diunggah @ProfOnline_id. Video itu berjudul “Ustad somad setara paus fransiskus? Apa iya? #beritaterkini #stitch #abdulsomad #popefrancis #news yang diunggah oleh akun YouTube bernama “bang eli”. Pada video itu, terlihat berita tersebut ditulis oleh Okezone.

Judul yang sama kemudian dimasukkan juga di search bar situs web Okezone, dan hasil yang keluar bertuliskan “Data Search Article Not Found”.

Lebih lanjut, gambar Ustadz Abdul Somad yang digunakan di tangkapan layar itu telah digunakan oleh media Inhilklik.com di artikelnya yang berjudul “Ustaz Abdul Somad Akan Menikah, Ini Sosok Wanita yang Terdaftar di Simkah” dan dipublikasikan pada 24 April 2021.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @ProfOnline_id merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=6ftFA4C6kDc


https://search.okezone.com//?q=Ustadz+Abdul+Somad+Sebut+%3A+Diri+Nya+Setara+Dengan+Paus+Fransiskus


https://www.inhilklik.com/news/cetak/39584/ustaz-abdul-somad-akan-menikah-ini-sosok-wanita-yang-terdaftar-di-simkah