[SALAH] “Video Viral di China, Terekam Harimau dengan Posisi Duduk Layaknya Manusia”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut dibuat dengan KLING AI, platform membuat gambar dan video dengan AI. Bukan rekaman yang diambil oleh manusia.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/47pdBZc

Arsip video: https://bit.ly/3TnrYHn

= = =

Narasi:

“Video ini viral di China, setelah seorang warga merekam harimau dengan posisi duduk layaknya manusia, video ini dikaitkan dengan sebuah cerita mistis kuno, salah satu mitos masyarakat Tiongkok yang terkenal adalah huren, yaitu manusia yang bisa berubah menjadi harimau.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar sebuah rekaman video yang diklaim diambil oleh manusia yang menunjukkan seekor harimau duduk seperti layaknya manusia yang diambil di China, rekaman tersebut dikaitkan dengan mitos yang terkenal bernama Huren.

Namun setelah ditelusuri oleh Tim Cek Fakta Kompas.com dengan Google Lens, ditemukan video serupa yang menunjukkan watermark dari KLING AI.

KLING AI adalah platform pembuatan gambar dan video yang berbasis AI-generatif. Sehingga dapat dipastikan bahwa video tersebut merupakan buatan AI, bukan rekaman video yang diambil oleh manusia.

Dilansir dari Kompas.com, Lighthouse Journalism memeriksa video serupa dengan pendeteksi AI Itisaar.ai, ditemukan hasil bahwa video merupakan manipulasi yang dibuat dengan AI.

Dengan demikian, rekaman video harimau duduk selayaknya manusia adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/09/084800382/-hoaks-video-pose-duduk-harimau-mirip-manusia

= = =